1.
Cermati
paragraf berikut!
Pohon makadamia selalu hijau karena
tumbuh dengan subur. Tubuhan ini sangat cocok tumbuh di pesisir timur Australia
yang beriklim subtropis. Dua dari spesiesnya
menghasilkan kacang yang dapat dimakan, dan kulit luarnya berserat. Kulit
kerasnya bundar dan berwarna cokelat muda serta biji kacangnya sebesar gundu
yang berwarna krem. Akan tetapi, kulit kerasnya sulit dipecahkan. Kulit kacang
makadamia yang begitu keras biasanya dijadikan bahan untuk membuat amplas.
Ide
pokok paragraf tersebut adalah ....
A.
bahan amplas
B.
penghasil kacang
C.
pohon makadania
D.
kulit makadania
E.
tumbuhan Australia
Cermati paragraf
berikut untuk soal 2 – 4!
(1)
Tanpa disadari banyak orang lebih suka membiarkan pendingin ruangan (AC)
terus menyala sehingga terjadi pemborosan energi. (2) Kadang-kadang tidak
ada seorang pun di ruangan tersebut, tetapi AC tidak dimatikan. (3) Pemakaian
listrik yang berlebihan dapat meningkatkan CO². (4) Pada saat ruangan kosong, eco patrol menyesuaikan suhu 2°C. (5)
Kebiasan pemborosan biaya dalam berbagai hal ada di mana-mana.
2.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat
pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
3.
Kalimat tidak padu terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
4.
Kalimat yang berisi fakta pada paragraf
tersebut adalah nomor ....
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (4)
C.
(3) dan (4)
D.
(3) dan (5)
E.
(4) dan (5)
Cermati paragraf
berikut untuk soal 5 – 9!
Pada bulan lalu kita memperingati hari
Sumpah Pemuda dan beberapa pekan lalu memperingati hari Pahlawan. Kita berharap
jiwa kepahlawanan bahari serta jiwa persatuan selalu tertanam di lubuk hati
semua anak bangsa. Sehubungan dengan itu kini saatnya pemerintah mengubah arah
kebijakan dari berorientasi kedaratan
menjadi ke lautan. Hal itu selaras dengan kekayaan sumber daya wilayah. Dengan
demikian, keinginan menjadi Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia
bukan lagi impian, melainkan juga kenyataan.
5.
Mengapa
pemerintah mengubah arah kebijakannya berorentasi kelautan?
Jawaban yang
tepat untuk pertanyaan tersebut adalah ....
A.
Keinginan menjadikan Indonesia menjadi
negara maritim yang baik.
B. Menumbuhkan
jiwa kepahlawanan bahari serta jiwa persatuan bernegara.
C.
Peringatan hari Sumpah Pemuda dan hari
Pahlawan wujud cinta negara.
D.
Bangsa Indonesia, bangsa yang besar dan
dapat memanfaatkan wilayahnya.
E.
Selaras dengan kekayaan sumber daya
wilayah di beberapa tempat.
6.
Bagaimana
cara pemerintah mengubah Indonesia menjadi negara maritime?
Jawaban
yang epat untuk pertanyaan tersebut adalah ....
A. Dengan
memperingati hari Sumpah Pemuda
B. Membuka
sekolah-sekolah di bidang kemaritiman
C. Memberdayakan
para nelayan secara lebih optimal
D. Menciptakan
tena-tenaga kelautan yang handal
E. Mengubah
arah kebijakan berorientasi kelautan
7.
Makna kata berorientasi pada paragraf
tersebut adalah ....
A. menentukan
arah
B. mempunyai kecenderungan
C. meninjau
kembali
D. membuat
pandangan
E. membicarakan
akan
8.
Apa tujuan si penulis menyampaikan hal
dalam teks tersebut kepada pembaca?
A. Mengimbau
pembaca, khususnya generasi muda agar menanamkan kepahlawanan bahari serta jiwa
persatuan dan pemerintah memindahkan orientasi dari darat ke laut.
B. Mencintai
pahlawan bahari dan pahlawan yang telah mempersatukan bangsa Indonesia dengan
susah payah..
C. Menjelaskan
kepada genarasi muda bahwa kita bangsa Indonesia memiliki pahlawan bahari dan
pahlawan perjuangan dan pemerintah memindahkan orientasi dari darat ke laut.
D. Menginformasikan
bahwa pemerintah telah memindahkan orientasi dari darat ke laut dan menanamkan
jiwa persatuan dan kepahlawanan bahari kepada generasi muda.
E. Mengajak
pemerintah segera memindahkan orientasi dari darat ke laut dan segera
menanamkan jiwa persatuan dan kepahlawanan bahari kepada generasi muda.
9.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ….
A. Harapan
menjadikan Indonesia sebagai negara
maritim sangat mudah dilakukan dan segera terwujud.
B. Harapan
memupuk jiwa persatuan untuk bernegara, berbangsa, berbahasa Indonesia akan
segera terwujud.
C. Bangsa
yang besar adalah bangsa yang memanfaatkan sumber daya secara optimal demi
kemajuan negara dan bangsanya
D. Keinginan
menjadi Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia bukan lagi impian,
melainkan juga kenyataan.
E. Pembangunan
nasional merupakan media untuk menyejahterakan rakyat dalam membangun
perekonomian
10. Cermatilah kutipan tajuk rencana berikut!
Profesor
Nasaruddin mengungkapkan dalam khotbahnya bahwa kita kembali merasakan gaungnya
muhasabah dan introspeksi diri. Akan tetapi, bukan menyalahkan diri melainkan
meneguhkan kesadaran bahwa kita memang hidup di kawasan rawan bencana. Juga
kesadaran mempersiapkan diri mengerjakan tugas yang diamanatkan alam nan indah,
tetapi keras ini.
Janganlah
saling menyalah dan mengambinghitamkan pihak mana pun. Kita jangan
berlarut-larut dalam hal yang tidak menyelesaikan masalah. Yang terpenting
kini, bagaimana penanganan korban musibah bencana yang kini masih terpaksa
mengungsi, hidup dalam ketidaknyamanan. Pada merekalah hati dan pikiran tulus
harus diarahkan.
Opini penulis
dalam tajuk rencana tersebut adalah ....
A.
Khotbah penting yang disamapaikan oleh
Profesor Nasaruddin pada suatu hari.
B.
Musahabah introspeksi diri untuk
meneguhkan kesadaran terhadap masalah.
C. Yang
terpenting kini, bagaimana dengan tulus menangani korban musibah bencana.
D. Kita
harus mengerjakan tugas yang diamanatkan dan
harus segera ditangani.
E.
Hati dan pikiran harus kita arahkan
kepada bantuan untuk menanggulangi bencana.
11. Cermati bacaan berikut ini!
Johanes
Abraham Dimara dilahirkan 16 April 1916 di Korem, Biak Utara, Provinsi Papua.
Beliau dikukuhkan sebagai Pahlawan
Nasional pada 10 November 2010. Riwayat
perjuangannya dimulai ketika dirinya bersama sejumlah pemuda, pada 8 April 1946
melakukan aksi pengibaran bendera Merah Putih dan melucuti pasukan polisi di
Namela. Dimara diangkat menjadi Ketua Organisasi Pembebasan Irian (OPI) Pada
tahun 1951, yang berkedudukan di Ambon. Di samping itu, Dimara juga direkrut
menjadi anggota TNI dengan pangkat letnan dua. Pada pertengahan Oktober 1954,
bersama 40 anggota pasukannya, Dimara melakukan infiltrasi ke Irian Barat.
Tujuannya membangkitkan perlawanan penduduk terhadap Belanda. Rencana ini
terendus Belanda. Terjadilah pertempuran antara OPI dan Belanda. Tidak imbang,
11 angggota pasukan tewas. Dimara beserta pasukannya dipenjara hingga 1961.
Hal yang
diteladani dari Dimara adalah ....
A.
Dimara diberi gelar pahlawan nasional.
B.
Keberanian dia melawan penjajah.
C.
Dia melakukan infiltrasi ke Irian
D.
Keberhasilan menjadi ketua (OPI)
E.
Berhasil meraih gelar letnan dua.
Bacalah
dengan cermat tabel berikut untuk soal 12 dan 13!
Daerah Provinsi Jawa Tengah
Paling Rawan Ancaman Bencana
Gunung Merapi Radius 5,5 KM dari Puncak Merapi
No.
|
Kabupaten
|
Kecamatan
|
Jumlah Desa
|
Jumlah
Penduduk
|
1.
|
Klaten
|
Kemalang
|
4
|
5727
|
2.
|
Boyolali
|
Selo
|
3
|
8263
|
3.
|
Magelang
|
Srumbung
|
8
|
18905
|
4.
|
|
Dukun
|
7
|
19885
|
5.
|
|
Sawangan
|
3
|
805
|
12. Pernyataan
yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ....
A. Jumlah
penduduk Kabupaten Klaten dan Boyolali
sama dengan jumlah penduduk Kecamatan Srumbung.
B. Jumlah
penduduk kecamatan Dukun dan Sawangan sama besarnya dengan jumlah penduduk
kecamatan Srumbung.
C. Jumlah
penduduk Kabupaten Klaten dan Boyolali lebih sedikit bila dibanding dengan
jumlah penduduk kecamatan Sawangan.
D. Jumlah
penduduk desa Dukun lebih sedikit daripada jumlah penduduk desa Srumbung
kecamatan Magelang.
E. Penduduk
kecamatan Sawangan dengan penduduk
kecamatan Selo hampir sama jumlahnya.
13. Simpulan
yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ....
A. Wilayah
yang paling banyak penduduknya terkena ancaman Merapi adalah Desa Dukun.
B. Terlihat
jelas penduduk Kabupaten Boyolali yang paling sedikit terkena ancaman Merapi.
C. Penduduknya
yang paling banyak terkena ancamam Merapi adalah yang tinggal di Kabupaten
Klaten
D. Jumlah
yang paling sedikit terkena ancaman Merapi adalah penduduk desa di Sawangan.
E. Jumlah
penduduk yang menjadi korban desa di Kabupaten Klaten dan Boyolali sama
besarnya.
Cermati
cerita berikut ini untuk soal 14 dan 16!
Maka
saat sang Baginda sedang duduk di tahtanya bersama para bawahannya, Tumenggung dan
segala pegawai-pegawainya datang berlutut, lalu menyembah
Sang Raja, ”Hormat Tuanku, saya mohon ampun dan berkat, ada banyak berita tentang penghianatan yang sampai kepada saya.
Berita-berita itu sudah lama saya dengar dari para
pegawai-pegawai saya.”
Setelah Sang
Baginda mendengar hal itu, maka Raja pun terkejut lalu bertanya, ”Hai kalian
semua, apa saja yang telah kalian ketahui?” ....
Setelah Baginda
mendengar kata-kata Tumenggung yang sedemikian itu, maka Baginda bertitah,
”Siapakah orang itu, sang Hang Tuah kah?”
Maka Tumenggung menjawab,
”Siapa lagi yang berani melakukannya selain Hang Tuah itu. ...
Setelah
Baginda mendengar hal itu, murkalah ia, sampai mukanya berwarna merah padam. Lalu ia
bertitah kepada para pegawai yang berhati jahat itu, ”Pergilah,
singkirkanlah si durhaka itu!”
Maka
Hang Tuah pun tidak pernah terdengar lagi di dalam negri itu, tetapi Hang Tuah tidak mati, karena
Hang Tuah itu perwira besar, apalagi dia menjadi wali Allah. Kabarnya sekarang ini Hang Tuah berada di puncak hulu Sungai Perak, di
sana ia duduk menjadi raja segala Batak dan orang utan.
Hikayat Hang Tuah
14. Peristiwa
kemustahilan dalam kutipan tersebut
adalah ....
A.
Raja menyingkirkan para pengkhianat.
B.
Rakyat berani melawan raja mereka.
C.
Raja duduk bersama bawahannya.
D.
Hang Tuah tidak pernah mati.
E.
Rakyat berlutut menyembah Sang Raja.
15. Amanat
yang tekandung dalam kutipantersebut adalah ....
A.
Rakyat yang baik haruslah memberikan
ketenangan dan kedamaian di lingkungannya.
B.
Seorang pemimpin setiap saat haruslah
mengamankan wilayah kepemimpinannya.
C.
Rakyat dan pemimpin haruslah saling melindungi
dan saling pempercayai.
D.
Pemimpin haruslah segera berwaspada
bersama rakyatnya bila ada gejala kekacauan.
E.
Jangan seorang pemimpin mudah terhasut
oleh rakyat sebelum dibuktikan kebenarannya.
16. Keteladanan Hang Tuah dalam cerita
adalah ....
A.
sangat penyabar
B.
perwira besar
C.
tidak pendendam
D.
sangat cerdas
E.
seorang penolong
Cermatilah
cuplikan cerita berikut untuk nomor 17 s.d 19!
"Perusahaan
itu tumpuan hidup kita. Kamu tidak perlu mencampuri urusanku di sana karena
kehancuran perusahaan berarti kehancuran hidup kita," kataku pelan namun
tajam.
"Ya,
memang perusahaan itu yang membuat kita jaya dan kaya-raya. Tetapi ingat Ma,
itu bukan hasil kerja Mama. Para buruh itulah tulang punggungnya. Dan selama
ini Mama dengan atas nama perusahaan telah memeras tenaga mereka tanpa imbalan
yang sepadan," teriak Neyna lantang.
Aku
meradang. "Kalau tak suka dengan cara kerjaku, jangan makan dari hasil
kerjaku. Pergi, carilah makan sendiri atau tetap tinggal di sini dan kunci
mulutmu!"
Di luar
dugaan, benar-benar di luar dugaan, Neyna menerima tantanganku. Dia memilih
keluar dari rumah. Meninggalkan kehidupan yang tak ada kurangnya ini dan
menggantinya dengan kehidupan liar. Kehidupan yang serba tak tentu. Tidur di
mana pun dan makan dari siapa pun. Entah seperti apa tepatnya, aku tak bisa
membayangkan.
Lelaki Muda dan Gadis Kecil, Susialine Adelia
17. Kalimat
pembuktian Neyna seorang yang keras hati adalah ....
A. Dia
meninggalkan rumahnya.
B. Dia
tidak menyusahkan ibunya
C. Tidak
menumpang hidup
D. tidak
mau jadi tulang
E. suka hidup
menyendiri
18. Mengapa
Ibu Neyna marah kepada Neyna ketika Neyna ikut campur dalam urusan perusahaan?
Jawaban yang sesuai dengan isi kutipan
cerita tersebut adalah ....
A.
Si Ibu yang mendirikan perusahaan itu.
B.
Neyna masih dianggap masih kecil.
C.
Kahwatir perusahaan mereka hancur.
D.
Si Ibu khawatir Neyna merebutnya.
E.
Perusahaan itu tumpuan hidup si Ibu.
19. Konflik
pada diri Neyna adalah ....
A.
perasaan benci dirinya
B.
rasa dendam terhadap buruh
C.
merasa berat hidup dan kehidupannya
D.
tidak setuju dengan prinsip mamanya
E.
rasa tidak nyaman di luar rumah
20. Hal yang
diungkapkan dalam kutipan cerita juga terjadi dalam kehidupan nyata adalah ....
A.
Seorang anak yang mencampuri urusan
keluaraga orang tuanya.
B.
Perusahaan memeras tenaga buruh tanpa
imbalan yang sepadan.
C.
Orang tua yang membebaskan anaknya
belajar hidup sendiri.
D.
Perlawanan buruh kepada majikannya
karena sering ditekan.
E.
Seorang anak balas dendam terhadap
perlakuan orang tuanya
21. Cermati kutipan drama berikut!
Aksan :
Ibu, hari ini kita bisa makan enak! (Aksan berteriak kegirangan sambil
Menemui ibunya)
Ibu Zahra : (Bu Zahra menghampiri anaknya)
Ada apa, San jadi Ibu terkejut. Aksan,
lihat Bu, Aksan menemukan dompet di jalan
uangnya banyak sekali,
pokoknya hari ini kita makan besar
Ibu Zahra : Aksan kita memang orang
miskin, tapi uang itu kan bukan milik kita.
Kamu harus mengembalikannya. Orang yang
kehilangan dompet itu pasti
merasa sedih, coba lihat ada KTP- nya tidak?
Aksan : (sedih)
Ini Bu!”
Bu Zahra : (menatap
Aksan tajam) Ya, Sekarang kembalikan uang itu ya!”
Aksan :
(ragu-ragu dan enggan) Tapi, Bu kita
bisa makan enak dengan uang ini, kita kan tak pernah makan enak.
Bu Zahra :
Aksan, ini bukan uang kita. Kamu harus segera mengembalikan kepada
pemiliknya.
Aksan :
(dengan berat hati) Baiklah Bu.
Bu Zahra :
...
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang di akhir dialog tersebut adalah
....
A.
(menghampiri
Aksan) Jangan sedih, itu bukan milik kita.
B.
(meninggalkan Aksa) Ya, terserah
kamulah, Aksa.
C.
(tersenyum) Ya, silakan kamu ambil
separo saja ya.
D.
(marah dan memukul) anak tidak jujur,
ayo kembalikan.
E.
(sedih)
Ya, coba uang ini tidak dikembalikan.
22. Masalah
yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah ....
A.
ketulusan hati seseorang mengembalikan
benda yang ditemukannya kepada pemiliknya
B.
keengganan seseorang mengembalikan benda
yang ditemukannya kepada pemiliknya
C.
keranianian seseorang mengambil benda
milik orang lain secara terang-terangan
D.
pertengkaran yang berakhir tidak baik
antara seorang anak dengan orang tuannya
E.
perjuangan seseorang untuk mendapatkan
sesuatu yang hampir menjadi miliknya
23. Bacalah bait Gurindam XII berikut dengan
saksama!
Barang siapa
berbuat jasa
Mudahlah Tuhan
mengampuni dosa
Isi
yang diungkapkan dalam bait gurindam tersebut adalah ....
A.
Siapa pun yang berbuat dosa suatu saat
akan diampuni oleh Tuhan.
B.
Siapa yang berbuat kebaikan akan dibalas
dengan kebaikan pula.
C.
Siapa saja yang ingin mendapatkan
ampunan haruslah bertobat.
D.
Orang yang berbuat amal akan diampuni
dosanya oleh Tuhan.
E.
Orang selalu mengingat segala kebaikan
yang telah diperbuat.
Cermati
puisi di bawah dengan saksama untuk no. 24 s.d. 26!
Sirna
Gelap sudah
Tempat yang kutuju tak tampak lagi
Tak bisa kugapai
Kini, kusebatang kara
Sandaran tiada
Sirna pergi besama buda tercinta
Kubelum mandiri
Entah ke mana kupergi
Oh, Tuhan bagaimana nasibku kini
Semoga kan ada yang peduli,
Amin!
Ans
24. Makna
kata lambang sandaran dalam puisi
adalah yang
A.
mempercayai dirinya
B.
membesarkan hatinya
C.
mengurusi kehidupannya
D.
memerintah segalanya
E.
memberi semangatnya
25. Maksud
puisi tersebut adalah .…
A.
Ketidakpedulian seseorang kepada orang
lain
B.
Kehancuran hidup karena ulah diri
sendiri
C.
Megharap sesuatu yang tidak mungkin ada
D.
Mencari orang yang sangat
disayang/dicintai
E.
Tidak terwujudnya cita-cita seorang anak
26. Suasana
dalam puisi adalah ....
A.
kecewa dan marah
B.
sedih dan haru
C.
takut dan bimbang
D.
cemas dan khawatir
E.
lemah dan lelah
27. Cermati kutipan esai berikut!
Melatih menulis puisi banyak manfaatnya. Melatih kita
berani mengekspresikan diri melalui kata-kata tanpa harus ada partner bicara
secara langsung. Berlatih mengekspresikan diri menjadi sulit kalau harus
langsung berhadapan dengan orang lain. Kalau latihan bicara sendiri di depan
cermin, besar risiko dianggap tidak
waras bagi orang yang melihat. Menuntun kita memasuki dunia seni yang
menjanjikan keindahan yang melebihi logika dan kata. Kalaupun belum mencapai
keindahan seni puisi minimalnya kita bisa masuk
ke dalam petualangan rimba kata dan makna. Seperti pergi ke Louvre di Paris mencari Monalisa.
Kalaupun belum berhasil menemukan Monalisa, kita sudah terpesona melihat
keindahan berbagai lukisan bahkan dari interior ruangan. Menulis puisi dapat
dinikmati seperti perjalanan yang tidak tergantung sepenuhnya pada tujuan
akhir.
Hal
yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah ....
A.
Manfaat berlatih menulis puisi.
B.
Alasan seseorang menulis puisi
C.
Beberapa cara menulis sebuah puisi.
D.
Pengisi waktu dengan menulis puisi
E.
Aktivitas menulis penulis puisi
28. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Apabila kita berhadapan dengan kesulitan
adalah memberikan perhatian terhadap apa yang akan dilakukan, bukan mencoba
mencari apa yang tidak dilakukan. ... keadaan menjadi buruk, kita menenangkan
hati dengan menganggap ... keadaan akan menjadi lebih buruk. ... keadaan
benar-benar menjadi bertambah buruk, kita menganggap keadaan pasti akan menjadi
baik.
Kata
penghubung antarklausa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.
atau, jika, bahwa
B.
dan, karena, apabila
C.
bahwa, jika, dan
D.
jika, bahwa, apabila
E.
dan, jika, bahwa
29. Cermati paragraf berikut!
Ketika
proses pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung, fokus pembelajaran tidak
hanya kepada satu aspeks berbahasa, tetapi juga harus meliputi keempat aspek
berbahasa, yaitu mendengarkan berbicara, membaca, dan menulis. Oleh sebab itu,
... siswa diarahkan kepada keempat aspek keterampilan tersebut. Di samping itu,
mereka dilatih pula mandiri dengan menemukan sendiri, ... sendiri, dan
mempraktikkan sediri sesuatu kopetensi yang dipelajari. Kemampuan siswa diharapkan benar-benar ...
diasah dan secara terpadu. Jadi, ... siswa terasah pada saat mempelajari
kopetensi tertentu karena
Kata
serapan yang baku penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.
aktifitas, menganalisa, kontiniu, kreatifitas
B.
aktivitas, menganalisa, kontiniu, kreativitas
C.
aktivitas, menganalisis, kontinu, kreativitas
D.
aktivitas, menganalisis, kontiniu, kreatifitas
E.
aktifitas, menganalisa, kontiniu, kreatifitas
30. Cermati paragraf berikut!
Kaum
wanita muda banyak ... obat pelangsing. Akan tetapi, mereka lebih percaya kepada
obat produksi luar negeri sekalipun Indonesia sekarang juga ... obat langsing.
Sekarang produksi obat tradisional mencoba ... obat-obat produk Indonesia
setara dengan luar negeri.
Kata berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A.
mengkonsumsi, memproduksi, menyiasati
B.
mengonsumsi, memroduksi, menyiasati
C.
mengonsumsi, memproduksi, mensiasati
D.
mengkonsumsi, memroduksi, mensiasati
E.
mengonsumsi, memproduksi, menyiasati
31. Cermati
paragraf berikut!
Malam
itu hujan turun ... . udara terasa ... . sesekali terdengar bunyi petir yang
disertai kilat. Suasana semakin mencekam. Sekeliling rumah pun ... karena lampu
penerang padam. Betapa seramnya malam itu di hotel tempat kami penginap.
Frasa
adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. besar sekali, sedikit dingin, cukup gelap
B.
deras sekali, dingin sekali, gelap
sekali
C.
agak deras, sedikit dingn, hampir gelap
D.
kencang sekali, dingin sekali, agak
gelap
E.
sangat kencang, agak dingin, sangat
gelap
32. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Bunga anggrek berbentuk khas dan menjadi
penciri yang membedakannya dari anggota suku lain. Bunga-bunga anggrek tersusun
majemuk. ... . Helaian kelopak bunga
biasanya berwarna mirip dengan mahkota bunga.
Satu helai mahkota bunga termodifikasi membentuk semacam "lidah" yang
melindungi suatu struktur aksesoris yang membawa benang sari dan putik. Benang
sari memiliki tangkai sangat pendek dengan dua kepala sari
berbentuk cakram kecil dan terlindung oleh struktur kecil.
Kalimat deskripsi yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah ....
B.
Bunganya itu dimanfaatkan sebagai
tanaman hias yang sangat populer.
C.
Bunga anggrek sangat indah dan
variasinya hampir tidak terbatas.
D.
Anggrek tumbuh menumpang pada pohon lain
tanpa merugikan tanaman.
E.
Bunga itu terlihat seakan muncul dari
tangkai bunga yang memanjang.
33. Cermati paragraf berikut!
Proses
seseorang meraih cita-cita (menamatkan sekolah) ada yang mengalami kesulitan
biaya. Dia juga akan kesulitan memahami pelajaran. Mungkin dia gagal naik ke
jenjang yang lebih tinggi. Apakah dia akan berhenti atau meneruskan? Bila dia
mengambil hikmah atas kegagalannya, dia akan terus dan berusaha mengatasinya.
Berkat kesungguhannya, sampailah meraih apa yang diinginkannya (tamat). Sama
halnya seseorang pendaki gunung. Dia akan melalui rintangan, kekuatan fisik,
batu terjal, semak belukar, dan sebagainya. Namun, pada akhirnya dengan tekad
dan kesungguhan, membuat pendaki mampu mengatasi semua rintangan dan mencapai
puncak (berhasil). ...
Kalimat simpulan
yang tepat untuk mengakhiri paragraf
analogi tersebut adalah ....
A. Begitulah,
seseorang kalau ingin pandai harus seperti mendaki gunung.
B. Dengan
demikian, mendaki gunung sama dengan belajar tekun.
C. Jadi,
proses dan rintangan menutut ilmu sama halnya mendaki gunung.
D. Memang,
rintangan pada saat belajar perlu dilalui seperti mendaki gunung.
E. Maka,
mencapai puncak, pendaki harus mempelajari rintangan-rintangan.
34. Cermati paragraf berikut!
Seseorang
ditugaskan melakukan survei untuk mengetahui kelayakan kesehatan pemukiman di
pemukiman liar di salah satu wilayah pinggiran kampung di sisi jalan tol
Jakarta-Cikampek. Jumlah yang didata sebanyak 150 rumah Terkumpullah data
sebagai berikut: rumah-rumah yang ditempati dibangun di atas tanah yang berupa
rawa-rawa yang disanggah dengan kayu atau bambu. Udara terasa lembab karena
tergenang air. Bahan bangunannya berupa barang-barang dan kayu bekas. Rumah
mereka sempit, tanpa sirkulasi udara, atapnya rendah, udara pengap, dan di
sekitar rumah sampah berserakan dan mengeluarkan bau busuk. Tidak terdapat air
bersih dan MCK yang layak.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf generalisasi tersebut adalah
....
A.
Oleh sebab itu, mereka belum memikirkan
kesehatan keluarga.
B. Maka
tempat tinggal itu, harus menjadi perhatian dinas kesehatan.
C. Seharusnya
pemerintah menyediakan rumah yang sehat untuk mereka.
D. Jadi,
pemukiman tersebut tidak memenuhi sahat kesehatan
E. Dengan
begitu, mereka tergolong orang yang rentan penyakit.
35. Cermati paragraf berikut !
Penggunaan
alat pendingin, seperti pendingin ruangan, pendingin mobil, maupun lemari
pendingin sudah mewabah di seluruh dunia. ... Lapisan ozon menjadi rusak akibat
CFC yang keluar dari alat-alat pendingin tersebut. Padahal, lapisan ozon
melindungi bumi dari kerusakan akibat sinar ultraviolet yang berasal dari sinar
matahari. Kalau hal ini berlangsung terus menerus, lapisan ozon makin lama
makin tipis akan berlubang. Hal ini sangat menggangu kelangsungan hidup makhluk
di bumi. ...
Kalimat yang
merupakan sebab untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.
Alat-alat pendingin tersebut
mengeluarkan CFC.
B.
Masyarakat memiliki alat-alat modern
hampir setiap rumah.
C.
Penggunaan alat pendingin sangat
diminati masyrakat saat ini.
D.
Banyak orang yang tidak tahu lapisan
ozon menjadi rusak.
E.
Jadi, lapisan ozon melindungi bumi dari
sinar ultraviolet.
36. Cermati silogisme berikut!
PU : Setiap
warga negara Indonesia harus hemat pemakaian BBM.
PK : Anggraini
warga negara Indonesia.
K : ....
A.
Anggraini harus hemat pemakaian BBM.
B.
Anggraini dilarang boros memakai BBM.
C.
Anggraini berusaha hemat memakai BBM.
D.
Setiap warga menghemat BBM.
E.
Semua warga Negara Indonesia hemat BBM.
37. Cermati kutipan teks pidato berikut!
Dewasa
ini, suhu bumi semakin panas kita rasakan. Hal ini disebabkan ulah manusia.
Contohnya penebangan liar kayu secara besar-besaran di hutan tanpa memikirkan
dampak atau penananman ulang. Karena hutan yang gundul dengan banyaknya gas
buang CO2 dan banyaknya volume kendaraan bermotor menimbulkan efek rumah kaca.
Jika hal ini berlangsung terus, lingkungan akan menjadi panas dan gersang.
Untuk itu, kini saatnya kita bersama-sama menyelamatkan bumi yang kita sayangi
ini. ...
Kalimat
persuasif untuk melengkapi akhir
paragraf tersebut adalah ....
A.
Janganlah kita membeli atau memasang AC
untuk alat pendingin rumah.
B.
Sebaiknya kita tidak perlu memakai
kendaraan bermotor ke mana pun.
C.
Mari kita menanam pohon di lingkungan
kita untuk menyegarkan suhu bumi.
D.
Ayo, pengguna kendaraan bermotor jangan
mengendarai motornya lagi.
E.
Kita berilah pengertian terhadap
penebang pohon di mana pun dia berada.
Cermati
isi paragraf berkut untuk soal 38 dan 39!
Maria seorang
pengusaha muda yang cukup berhasil. Dengan susah payah dia membangun usahanya.
Tidak sia-sia ... selama ini yang akhirnya membuahkan hasil. Konsepnya selalu
bekerja keras dan berhemat dengan mengontrol pengeluaran. Jika sesuatu tidak
bermanfaat, tidak dibelinya. Bila ada yang penting perlu dibelinya, dia lihat
dulu ketersediaan keuangannya. Seperti kata peribahasa ” ... ”.
38. Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi kalimat ketiga pada paragraf tersebut adalah ....
A.
menanam saham
B.
membanting tulang
C.
berhati lapang
D.
panjang akal
E.
berpikiran jernih
39. Peribahasa
yang tepat untuk melengkapi kalimat terakhit paragraf tersebut adalah ....
A.
Sekali merangkul dayung, dua tiga pulau
terlampaui.
B.
Dalam laut dapat diduga, dalam hati
tiada yang tau.
C.
Air laut jika ditimba terus-menerus akan
kering jua.
D.
Ada jangan dimakan kalau tak ada baru
dimakan.
E.
Main api terbakar, main pisau luka, main
air basah.
40. Cemati paragraf berikut!
Kamu ... bahwa
kita karus memiliki konsekuensi dalam bertindak sepeti karyawan pabrik Angkasa
di Tangrang, Provinsi Banten itu. Tindakan sewenang-wenang ... pabrik tidak
dapat ditoleransi lagi. Peruasahaan mengeksploitasi tenaga buruh, tetapi upah
yang diberikan di bawah upah minimum provinsi (UMP). Kalau mereka menerima
keadaan seperti itu, kapan mereka akan ... nasibnya.
Penulisan yang
tepat untuk memperbaiki kata bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....
A. bilang,
fihak, merubah
B. katakan,
fihak, mengubah
C. mengatakan,
fihak, merubah
D. bilang,
pihak, merubah
E. mengatakan,
pihak, mengubah
41. Cermati paragraf berikut!
(1) Perusahaan
yang beridiri sejak 1912 itu, tahun depan akan genap berusia 100 tahun atau
seabad.
(2) ... .
(3) Kalaupun
ada, umumnya perusahaan keluarga yang di miliki segelintir orang.
(4) Melihat
maju dan bertahannya perusahaan itu, perlu ditiru kiat-kiat yang dilakukannya.
(5) Dengan
mengetahui kiat-kiat tersebut, mudah-mudahan akan ada lagi perusahaan seperti
itu di Indonesia.
Urutan kalimat
(2) yang tepat untuk melengkapinya agar dapat dijadikan paragraf padu adalah
....
A.
Tidak ada ditemukan ketegaran pendiri
perusahaan seperti itu.
B.
Belum ada perusahaan di Indonesia yang
berumur sepanjang itu.
C.
Perusahaan itu dapat dijadikan contoh
oleh siapa pun.
D.
Keadaan itu harus dipertahan dan harus
dijaga lebih baik lagi.
E.
Rahasia kesuksesan perusahaan itu boleh
ditiru jaka mau.
42. Cermati paragraf berikut!
Hampir mirip dengan di produksi televisi,
film, atau video. Produsi program radio memiliki tanggungjawab terhadap
sebuah program acara di radio, menjamin terselenggaranya program acara dalam
sebuah siaran radio, sesuai dengan standart mutu acara yang telah ditetapkan
oleh Program Director. Serta mendukung tujuan penyelenggaran siaran untuk
mencapai jumlah pendengar dan usaha peningkatan pendapatan yang telah
ditetapkan oleh station radio tersebut.
Istilah
yang tepat untuk pengganti kata yang tercetak digarisbawahi dalam paragraf
tersebut adalah ....
A.
produk
B. diproduk
C. produser
D. memproduksi
E.
diproduksi
43. Cermati hal berikut!
Tema karya tulis: Pemanfaatan sampah lingkungan
Latar
belakang yang tepat untuk tema tersebut ....
A. Banyaknya
sampah ditemukan yang menggangu lingkungan.
B. Ternyata
banyak sekali sampah yang menimbulkan masalah.
C. Sampah
merupakan barang yang harus dibuang pada tempatnya.
D. Pembuang
sampah banyak tidak memiliki pembuangan sampah.
E. Tidak
salah lagi kalau orang banyak diresahkan oleh sampah.
44. Judul: Pelestarian
Budaya Jawa
latar belakang :
Budaya jawa telah mulai luntur yang mana
disebabkan masuknya pengaruh budaya luar.
Kalimat efektif
untuk perbaikan kalimat latar belakang tersebut adalah ....
A.
Budaya Jawa sudah tercemar oleh dengan
masuknya budaya luar.
B.
Budaya jawa mulai tercemar disebabkan
pengaruh budaya luar.
C.
Budaya jawa telah tercemar disebabkan
pengaruh budaya luar.
D.
Budaya Jawa telah tercemar dengan
disebabkan budaya lain.
E.
Budaya Jawa saat ini sudah tercemar oleh
pengaruh budaya luar.
45. Cermati penulisan judul berikut!
daur
ulang sampah plastik dan koran bekas
Perbaikan
penulisan judul tersebut yang sesuai dengan EYD adalah ....
A. Daur
ulang Sampah Plastik Dan Koran Bekas
B. Daur
Ulang sampah Plastik dan Koran bekas
C. Daur
Ulang Sampah Plastik dan Koran bekas
D. Daur
ulang sampah plastik dan koran bekas
E. Daur
ulang sampah plastik Dan koran bekas
46. Cermati
lowongan kerja berikut!
Dibutuhkan
segera operator komputer, tamat SMA semua jurusan. Lamaran ditujukan ke PO BOX
25 SMG. Paling lambat satu minggu setelah iklan ini diterbitkan.
Suara Merdeka,
30 Januari 2011
Kalimat
pembuka yang tepat untuk surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan di atas adalah ....
- Berdasarkan
iklan pada Suara Merdeka, 30
Januari 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai operator komputer di perusahaan Bapak.
- Sehubungan
dengan iklan yang dimuat pada harian Suara
Merdeka, 30 Januari 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai operator komputer di perusahaan Bapak.
- Melalui
surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk memenuhi iklan yang
dimuat di harian Suara Merdeka, Sabtu, 8 Januari 2011.
- Saya
tertarik akan iklan Bapak di harian Suara Merdeka, 30 Januari 2011, karena
sesuai dengan pendidikan saya berijazah teknik komputer.
- Memenuhi
iklan Bapak pada harian Suara Merdeka,
Sabtu, 30 Januari, saya bermaksud mengisi lowongan kerja tersebut.
47. Cermati penutup surat lamaran!
Demikian
surat lamaran ini saya sampaikan. Atas
penerimaannya tidak lupa saya ucapkan terima kasih.
Perbaikan
kalimat penutup surat yang tecetak miring tersebut adalah ....
- Dengan
diterimanya oleh Bapak, saya ucapkan terima kasih.
- Atas
perhatian Bapak terhadap saya, saya ucapkan terima kasih.
- Atas
perhatiannya, diucapkan terima kasih.
- Dengan
diperhatikannya saya, saya ucapkan terima kasih.
- Atas
perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
48. Cermati ilustrasi berikut!
OSIS SMA
Cempaka akan mengadakan berbagai lomba kebahasaan pada perayaan Bulan Bahasa
tahun ini. Peserta lomba berasal dari sekolah-sekolah negeri dan swasta di
wilayah mereka.Salah satunya SMA N 1.
Kalimat pembuka surat undangan sesuai
ilustrasi tersebut adalah ....
- Mengingat
pentingnya acara, kami mengundang teman-teman perwakilan SMA ini untuk
mengikuti berbagai lomba kebahasaan.
- Dalam
rangka mengadakan lomba, kami mengharapkan teman-teman perwakilan SMA N 1
untuk mengikuti berbagai lomba kebahasaan.
- Sehubungan
dengan perayaan Bulan Bahasa,
kami OSIS SMA Cempaka mengundang teman-teman perwakilan SMA N 1 untuk
mengikuti berbagai lomba kebahasaan.
- Bersama
surat ini, kami mengundang mengundang teman-teman perwakilan SMA N 1 untuk
mengikuti berbagai lomba kebahasaan.
- Berhubung
akan diadakan berbagai lomba kebahasaan, maka kami mengharapkan
teman-teman mengikuti berbagai lomba kebahasaan.
49. Cermati penjelasan berikut!
Jika banyak
kalangan berkeluh kesah tentang miskinnya bahasa Indonesia, seketika Sutardji
Calzoum Bachri (SCB) telah menghancurkan pandangan itu. Maka tidak berlebihan
jika menempatkan buku ini sebagai kitab utama pelajaran memperkaya bahasa
Indonesia. Bahkan, mereka yang masih mencari kata, gagu membuat kalimat, mualaf
mengarang, penulis puisi yang belum jadi penyair, atau segala aktivitas yang
berkaitan dengan tulis-menulis, buku ini dapat dimanfaatkan sebagai acuan.
Kata-kata yang
digunakan Sutardji Calzoum Bachri untuk mengungkap tanggapan masyarakat tentang
miskinnya bahasa Indonesia sungguh bijak. Munculnya buku yang memuat tentang
cara-cara menulis pun telah terwakili dari kata-kata yang digunakannya.
Kutipan
teks tersebut dapat dikatakan bagian resensi karena berisi tentang ....
A.
keunggulan dan kesimpulan kemanfaatan
buku
B.
kelemahan buku dan keunggulan buku
C.
identitas buku dan kepengarangan
pengarang
D.
kepengarangan dan kesimpulan kemanfaatan
buku
E.
identitas buku dan sinopsis atau
ringkasan isi buku
50. Cermati isi kutipan berikut!
Perkara bahasa
dalam revolusi Chairil Anwar dan Sutardji Calzoum Bachri itu dikatakan bahwa
Chairil Anwar dan Sutardji Calzoum Bachri adalah pembaharu dalam perpuisian
Indonesia modern. Kekuatan dua penyair itu ada dalam permainan dan pengolahan
bahasa. Pembicaraan atau analisis puisi itu yang terpenting adalah analisis
kebahasaannya. Kepuitisan atau nilai estetis sajak itu terutama ditentukan oleh
bahasa atau penggarapan bahasanya.”
Kalimat
kritik yang sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ....
- Sutardji
Calzoum Bachri dan Chairil Anwar mengungkapkan kata-kata bijak dalam
puisinya tentang cara menulis dan mengarang pemula.
- Kata-kata
yang digunakan Sutardji Calzoum Bachri dan Chairil Anwar untuk mengungkap
tanggapan masyarakat tentang bahasa Indonesia sungguh bijak.
- Kata-kata
bijak yang digunakan Sutardji Calzoum Bachri dan Chairil Anwar dalam
mengungkap miskinnya bahasa Indonesia sungguh bijak
- Chairil
Anwar dan Sutardji Calzoum Bachri adalah pembaharu dalam perpuisian
Indonesia modern dan kekuatan dua penyair itu ada pada permainan dan
pengolahan bahasa.
- Kata-kata
yang mengemukakan tentang miskinnya bahasa Indonesia sudah terjawab oleh
puisi karangan Sutardji Calzoum Bachri ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar