Jumat, 22 Februari 2013

Soal Try Out UN Bahasa Indonesia SMA


1.      Cermati paragraf berikut!
Pohon makadamia selalu hijau karena tumbuh dengan subur. Tubuhan ini sangat cocok tumbuh di pesisir timur Australia yang beriklim subtropis. Dua dari spesiesnya menghasilkan kacang yang dapat dimakan, dan kulit luarnya berserat. Kulit kerasnya bundar dan berwarna cokelat muda serta biji kacangnya sebesar gundu yang berwarna krem. Akan tetapi, kulit kerasnya sulit dipecahkan. Kulit kacang makadamia yang begitu keras biasanya dijadikan bahan untuk membuat amplas.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A.                  bahan amplas
B.                   penghasil kacang
C.                   pohon makadania
D.                  kulit makadania
E.                   tumbuhan Australia

Cermati paragraf berikut untuk soal 2 – 4!
(1) Tanpa disadari banyak orang lebih suka membiarkan pendingin ruangan (AC) terus menyala sehingga terjadi pemborosan energi. (2) Kadang-kadang tidak ada seorang pun di ruangan tersebut, tetapi AC tidak dimatikan. (3) Pemakaian listrik yang berlebihan dapat meningkatkan CO². (4) Pada saat ruangan kosong, eco patrol menyesuaikan suhu 2°C. (5) Kebiasan pemborosan biaya dalam berbagai hal ada di mana-mana. 

2.      Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

3.      Kalimat tidak padu terdapat pada kalimat nomor ....
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

4.      Kalimat yang berisi fakta pada paragraf tersebut adalah nomor ....
A.                  (1) dan (2)
B.                   (2) dan (4)
C.                   (3) dan (4)
D.                  (3) dan (5)
E.                   (4) dan (5)




Cermati paragraf berikut untuk soal 5 – 9!
Pada bulan lalu kita memperingati hari Sumpah Pemuda dan beberapa pekan lalu memperingati hari Pahlawan. Kita berharap jiwa kepahlawanan bahari serta jiwa persatuan selalu tertanam di lubuk hati semua anak bangsa. Sehubungan dengan itu kini saatnya pemerintah mengubah arah kebijakan dari berorientasi kedaratan menjadi ke lautan. Hal itu selaras dengan kekayaan sumber daya wilayah. Dengan demikian, keinginan menjadi Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia bukan lagi impian, melainkan juga kenyataan.

5.      Mengapa pemerintah mengubah arah kebijakannya berorentasi kelautan?
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah ....
A.                  Keinginan menjadikan Indonesia menjadi negara maritim yang baik.
B.     Menumbuhkan jiwa kepahlawanan bahari serta jiwa persatuan bernegara.
C.                   Peringatan hari Sumpah Pemuda dan hari Pahlawan wujud cinta negara.
D.                  Bangsa Indonesia, bangsa yang besar dan dapat memanfaatkan wilayahnya.
E.                   Selaras dengan kekayaan sumber daya wilayah di beberapa tempat.

6.      Bagaimana cara pemerintah mengubah Indonesia menjadi negara maritime?
Jawaban yang epat untuk pertanyaan tersebut adalah ....
A.    Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda
B.     Membuka sekolah-sekolah di bidang kemaritiman
C.     Memberdayakan para nelayan secara lebih optimal
D.    Menciptakan tena-tenaga kelautan yang handal
E.     Mengubah arah kebijakan berorientasi kelautan

7.      Makna kata berorientasi   pada paragraf tersebut adalah ....
A.    menentukan arah
B.     mempunyai kecenderungan
C.     meninjau kembali
D.    membuat pandangan
E.     membicarakan akan

8.      Apa tujuan si penulis menyampaikan hal dalam teks tersebut kepada pembaca?
A.    Mengimbau pembaca, khususnya generasi muda agar menanamkan kepahlawanan bahari serta jiwa persatuan dan pemerintah memindahkan orientasi dari darat ke laut.
B.     Mencintai pahlawan bahari dan pahlawan yang telah mempersatukan bangsa Indonesia dengan susah payah..
C.     Menjelaskan kepada genarasi muda bahwa kita bangsa Indonesia memiliki pahlawan bahari dan pahlawan perjuangan dan pemerintah memindahkan orientasi dari darat ke laut.
D.    Menginformasikan bahwa pemerintah telah memindahkan orientasi dari darat ke laut dan menanamkan jiwa persatuan dan kepahlawanan bahari kepada generasi muda.
E.     Mengajak pemerintah segera memindahkan orientasi dari darat ke laut dan segera menanamkan jiwa persatuan dan kepahlawanan bahari kepada generasi muda.


9.      Simpulan paragraf tersebut  yang tepat adalah ….
A.    Harapan menjadikan Indonesia  sebagai negara maritim sangat mudah dilakukan dan segera terwujud.
B.     Harapan memupuk jiwa persatuan untuk bernegara, berbangsa, berbahasa Indonesia akan segera terwujud.
C.     Bangsa yang besar adalah bangsa yang memanfaatkan sumber daya secara optimal demi kemajuan negara dan bangsanya
D.    Keinginan menjadi Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia bukan lagi impian, melainkan juga kenyataan.
E.     Pembangunan nasional merupakan media untuk menyejahterakan rakyat dalam membangun perekonomian

10.  Cermatilah kutipan  tajuk rencana berikut!   
Profesor Nasaruddin mengungkapkan dalam khotbahnya bahwa kita kembali merasakan gaungnya muhasabah dan introspeksi diri. Akan tetapi, bukan menyalahkan diri melainkan meneguhkan kesadaran bahwa kita memang hidup di kawasan rawan bencana. Juga kesadaran mempersiapkan diri mengerjakan tugas yang diamanatkan alam nan indah, tetapi keras ini.
Janganlah saling menyalah dan mengambinghitamkan pihak mana pun. Kita jangan berlarut-larut dalam hal yang tidak menyelesaikan masalah. Yang terpenting kini, bagaimana penanganan korban musibah bencana yang kini masih terpaksa mengungsi, hidup dalam ketidaknyamanan. Pada merekalah hati dan pikiran tulus harus diarahkan.

Opini penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah ....
A.                Khotbah penting yang disamapaikan oleh Profesor Nasaruddin pada suatu hari.
B.                 Musahabah introspeksi diri untuk meneguhkan kesadaran terhadap masalah.
C.     Yang terpenting kini, bagaimana dengan tulus menangani korban musibah bencana.
D.    Kita harus mengerjakan tugas yang diamanatkan dan  harus segera ditangani.
E.                 Hati dan pikiran harus kita arahkan kepada bantuan untuk menanggulangi bencana.

11.  Cermati bacaan berikut ini!
      Johanes Abraham Dimara dilahirkan 16 April 1916 di Korem, Biak Utara, Provinsi Papua. Beliau dikukuhkan sebagai  Pahlawan Nasional pada 10 November 2010.  Riwayat perjuangannya dimulai ketika dirinya bersama sejumlah pemuda, pada 8 April 1946 melakukan aksi pengibaran bendera Merah Putih dan melucuti pasukan polisi di Namela. Dimara diangkat menjadi Ketua Organisasi Pembebasan Irian (OPI) Pada tahun 1951, yang berkedudukan di Ambon. Di samping itu, Dimara juga direkrut menjadi anggota TNI dengan pangkat letnan dua. Pada pertengahan Oktober 1954, bersama 40 anggota pasukannya, Dimara melakukan infiltrasi ke Irian Barat. Tujuannya membangkitkan perlawanan penduduk terhadap Belanda. Rencana ini terendus Belanda. Terjadilah pertempuran antara OPI dan Belanda. Tidak imbang, 11 angggota pasukan tewas. Dimara beserta pasukannya dipenjara hingga 1961.

Hal yang diteladani dari Dimara adalah ....
A.                Dimara diberi gelar pahlawan nasional.
B.                 Keberanian dia melawan penjajah.
C.                 Dia melakukan infiltrasi ke Irian
D.                Keberhasilan menjadi ketua (OPI)
E.                 Berhasil meraih gelar letnan dua.

Bacalah dengan cermat tabel berikut untuk soal 12 dan 13!

                       Daerah Provinsi Jawa Tengah Paling Rawan Ancaman                                            Bencana Gunung Merapi Radius 5,5 KM dari Puncak Merapi
No.
Kabupaten
Kecamatan
Jumlah Desa
Jumlah Penduduk
1.
Klaten
Kemalang
4
5727
2.
Boyolali
Selo
3
8263
3.
Magelang
Srumbung
8
18905
4.

Dukun
7
19885
5.

Sawangan
3
805

12.  Pernyataan yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ....
A.    Jumlah penduduk Kabupaten Klaten dan Boyolali  sama dengan jumlah penduduk Kecamatan Srumbung.
B.     Jumlah penduduk kecamatan Dukun dan Sawangan sama besarnya dengan jumlah penduduk kecamatan Srumbung.
C.     Jumlah penduduk Kabupaten Klaten dan Boyolali lebih sedikit bila dibanding dengan jumlah penduduk kecamatan Sawangan.
D.    Jumlah penduduk desa Dukun lebih sedikit daripada jumlah penduduk desa Srumbung kecamatan Magelang.
E.     Penduduk kecamatan Sawangan dengan  penduduk kecamatan Selo hampir sama jumlahnya.

13.  Simpulan yang sesuai dengan tabel tersebut adalah ....
A.    Wilayah yang paling banyak penduduknya terkena ancaman Merapi adalah Desa Dukun.
B.     Terlihat jelas penduduk Kabupaten Boyolali yang paling sedikit terkena ancaman Merapi.
C.     Penduduknya yang paling banyak terkena ancamam Merapi adalah yang tinggal di Kabupaten Klaten
D.    Jumlah yang paling sedikit terkena ancaman Merapi adalah penduduk desa di Sawangan.
E.     Jumlah penduduk yang menjadi korban desa di Kabupaten Klaten dan Boyolali sama besarnya.

Cermati cerita berikut ini untuk soal 14 dan 16!
Maka saat sang Baginda sedang duduk di tahtanya bersama para bawahannya, Tumenggung dan segala pegawai-pegawainya datang berlutut, lalu menyembah Sang Raja, ”Hormat Tuanku, saya mohon ampun dan berkat, ada banyak berita tentang penghianatan yang sampai kepada saya. Berita-berita itu sudah lama saya dengar dari para pegawai-pegawai saya.”
Setelah Sang Baginda mendengar hal itu, maka Raja pun terkejut lalu bertanya, ”Hai kalian semua, apa saja yang telah kalian ketahui?” ....
Setelah Baginda mendengar kata-kata Tumenggung yang sedemikian itu, maka Baginda bertitah, ”Siapakah orang itu, sang Hang Tuah kah?”
Maka Tumenggung menjawab, ”Siapa lagi yang berani melakukannya selain Hang Tuah itu. ...
Setelah Baginda mendengar hal itu, murkalah ia, sampai mukanya berwarna merah padam. Lalu ia bertitah kepada para pegawai yang berhati jahat itu, ”Pergilah, singkirkanlah si durhaka itu!”
Maka Hang Tuah pun tidak pernah terdengar lagi di dalam negri itu, tetapi Hang Tuah tidak mati, karena Hang Tuah itu perwira besar, apalagi dia menjadi wali Allah. Kabarnya sekarang ini Hang Tuah berada di puncak hulu Sungai Perak, di sana ia duduk menjadi raja segala Batak dan orang utan.
Hikayat Hang Tuah

14.  Peristiwa kemustahilan dalam kutipan tersebut adalah ....
A.                Raja menyingkirkan para pengkhianat.
B.                 Rakyat berani melawan raja mereka.
C.                 Raja duduk bersama bawahannya.
D.                Hang Tuah tidak pernah mati.
E.                 Rakyat berlutut menyembah Sang Raja.

15.  Amanat yang tekandung dalam kutipantersebut adalah ....
A.    Rakyat yang baik haruslah memberikan ketenangan dan kedamaian di lingkungannya.
B.     Seorang pemimpin setiap saat haruslah mengamankan wilayah kepemimpinannya.
C.     Rakyat dan pemimpin haruslah saling melindungi dan saling pempercayai.
D.    Pemimpin haruslah segera berwaspada bersama rakyatnya bila ada gejala kekacauan.
E.     Jangan seorang pemimpin mudah terhasut oleh rakyat sebelum dibuktikan kebenarannya.

16.  Keteladanan Hang Tuah dalam cerita adalah ....
A.    sangat penyabar
B.     perwira besar
C.     tidak pendendam
D.    sangat cerdas
E.     seorang penolong

Cermatilah cuplikan cerita berikut untuk nomor 17 s.d 19!
"Perusahaan itu tumpuan hidup kita. Kamu tidak perlu mencampuri urusanku di sana karena kehancuran perusahaan berarti kehancuran hidup kita," kataku pelan namun tajam.
"Ya, memang perusahaan itu yang membuat kita jaya dan kaya-raya. Tetapi ingat Ma, itu bukan hasil kerja Mama. Para buruh itulah tulang punggungnya. Dan selama ini Mama dengan atas nama perusahaan telah memeras tenaga mereka tanpa imbalan yang sepadan," teriak Neyna lantang.
Aku meradang. "Kalau tak suka dengan cara kerjaku, jangan makan dari hasil kerjaku. Pergi, carilah makan sendiri atau tetap tinggal di sini dan kunci mulutmu!"
Di luar dugaan, benar-benar di luar dugaan, Neyna menerima tantanganku. Dia memilih keluar dari rumah. Meninggalkan kehidupan yang tak ada kurangnya ini dan menggantinya dengan kehidupan liar. Kehidupan yang serba tak tentu. Tidur di mana pun dan makan dari siapa pun. Entah seperti apa tepatnya, aku tak bisa membayangkan.

Lelaki Muda dan Gadis Kecil,  Susialine Adelia


17.  Kalimat pembuktian Neyna seorang yang keras hati adalah ....
A.    Dia meninggalkan rumahnya.                                    
B.     Dia tidak menyusahkan ibunya                      
C.     Tidak menumpang hidup
D.    tidak mau  jadi tulang
E.     suka hidup menyendiri

18.  Mengapa Ibu Neyna marah kepada Neyna ketika Neyna ikut campur dalam urusan perusahaan?
Jawaban yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ....
A.    Si Ibu yang mendirikan perusahaan itu.
B.     Neyna masih dianggap masih kecil.
C.      Kahwatir perusahaan mereka hancur.
D.    Si Ibu khawatir Neyna merebutnya.
E.     Perusahaan itu tumpuan hidup si Ibu.

19.  Konflik pada diri Neyna adalah ....
A.    perasaan benci dirinya
B.     rasa dendam terhadap buruh
C.     merasa berat hidup dan kehidupannya
D.    tidak setuju dengan prinsip mamanya
E.     rasa tidak nyaman di luar rumah

20.  Hal yang diungkapkan dalam kutipan cerita juga terjadi dalam kehidupan nyata adalah ....
A.    Seorang anak yang mencampuri urusan keluaraga orang tuanya.
B.     Perusahaan memeras tenaga buruh tanpa imbalan yang sepadan.
C.     Orang tua yang membebaskan anaknya belajar hidup sendiri.
D.    Perlawanan buruh kepada majikannya karena sering ditekan.
E.     Seorang anak balas dendam terhadap perlakuan orang tuanya

21.  Cermati kutipan drama berikut!
Aksan        : Ibu, hari ini kita bisa makan enak! (Aksan berteriak kegirangan sambil
                    Menemui ibunya)
Ibu Zahra  : (Bu Zahra menghampiri anaknya) Ada apa, San jadi Ibu terkejut. Aksan, 
                    lihat Bu, Aksan menemukan dompet di jalan uangnya banyak sekali, 
                    pokoknya hari ini kita  makan besar
Ibu Zahra : Aksan kita memang orang miskin, tapi uang itu kan bukan milik kita.
                   Kamu harus mengembalikannya. Orang yang kehilangan dompet itu pasti
             merasa sedih, coba lihat ada KTP- nya tidak?
Aksan        : (sedih) Ini Bu!”
Bu Zahra   : (menatap Aksan tajam) Ya, Sekarang kembalikan uang itu ya!”
Aksan        : (ragu-ragu dan enggan) Tapi, Bu kita bisa makan enak dengan uang ini, kita kan tak pernah makan enak.
Bu Zahra   : Aksan, ini bukan uang kita. Kamu harus segera mengembalikan kepada                
  pemiliknya.
Aksan        : (dengan berat hati) Baiklah Bu.
Bu Zahra   : ...

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang di akhir dialog tersebut adalah ....
A.    (menghampiri Aksan) Jangan sedih, itu bukan milik kita.
B.     (meninggalkan Aksa) Ya, terserah kamulah, Aksa.
C.     (tersenyum) Ya, silakan kamu ambil separo saja ya.
D.    (marah dan memukul) anak tidak jujur, ayo kembalikan.
E.     (sedih) Ya, coba uang ini  tidak dikembalikan.

22.  Masalah yang diungkapkan dalam kutipan naskah drama tersebut adalah ....
A.    ketulusan hati seseorang mengembalikan benda yang ditemukannya kepada pemiliknya
B.     keengganan seseorang mengembalikan benda yang ditemukannya kepada pemiliknya
C.     keranianian seseorang mengambil benda milik orang lain secara terang-terangan
D.    pertengkaran yang berakhir tidak baik antara seorang anak dengan orang tuannya
E.     perjuangan seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang hampir menjadi miliknya

23.  Bacalah bait Gurindam XII berikut dengan saksama!
Barang siapa berbuat jasa
Mudahlah Tuhan mengampuni dosa

Isi yang diungkapkan dalam bait gurindam tersebut adalah ....
A.    Siapa pun yang berbuat dosa suatu saat akan  diampuni oleh Tuhan.
B.     Siapa yang berbuat kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula.
C.     Siapa saja yang ingin mendapatkan ampunan haruslah bertobat.
D.    Orang yang berbuat amal akan diampuni dosanya oleh Tuhan.
E.     Orang selalu mengingat segala kebaikan yang telah diperbuat.

Cermati puisi di bawah dengan saksama untuk no. 24 s.d. 26!

Sirna
Gelap sudah
Tempat yang kutuju tak tampak lagi
Tak bisa kugapai

Kini, kusebatang kara
Sandaran tiada
Sirna pergi besama buda tercinta




Kubelum mandiri
Entah ke mana kupergi
Oh, Tuhan bagaimana nasibku kini
Semoga kan ada yang peduli,
Amin!
                        Ans

24.  Makna kata lambang sandaran dalam puisi adalah yang
A.    mempercayai dirinya
B.     membesarkan hatinya
C.     mengurusi kehidupannya
D.    memerintah segalanya
E.     memberi semangatnya

25.  Maksud puisi tersebut adalah .…
A.    Ketidakpedulian seseorang kepada orang lain
B.     Kehancuran hidup karena ulah diri sendiri
C.     Megharap sesuatu yang tidak mungkin ada
D.    Mencari orang yang sangat disayang/dicintai
E.     Tidak terwujudnya cita-cita seorang anak

26.  Suasana dalam puisi adalah ....
A.    kecewa dan marah
B.     sedih dan haru
C.     takut dan bimbang
D.    cemas dan khawatir
E.     lemah dan lelah

27.  Cermati kutipan esai berikut!
Melatih menulis puisi banyak manfaatnya. Melatih kita berani mengekspresikan diri melalui kata-kata tanpa harus ada partner bicara secara langsung. Berlatih mengekspresikan diri menjadi sulit kalau harus langsung berhadapan dengan orang lain. Kalau latihan bicara sendiri di depan cermin, besar risiko dianggap  tidak waras bagi orang yang melihat. Menuntun kita memasuki dunia seni yang menjanjikan keindahan yang melebihi logika dan kata. Kalaupun belum mencapai keindahan seni puisi minimalnya kita bisa masuk ke dalam petualangan rimba kata dan makna. Seperti pergi ke Louvre di Paris mencari Monalisa. Kalaupun belum berhasil menemukan Monalisa, kita sudah terpesona melihat keindahan berbagai lukisan bahkan dari interior ruangan. Menulis puisi dapat dinikmati seperti perjalanan yang tidak tergantung sepenuhnya pada tujuan akhir.

Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah ....
A.    Manfaat berlatih menulis puisi.
B.     Alasan seseorang menulis puisi
C.     Beberapa cara menulis sebuah puisi.
D.    Pengisi waktu dengan menulis puisi
E.     Aktivitas menulis penulis puisi
28.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Apabila kita berhadapan dengan kesulitan adalah memberikan perhatian terhadap apa yang akan dilakukan, bukan mencoba mencari apa yang tidak dilakukan. ... keadaan menjadi buruk, kita menenangkan hati dengan menganggap ... keadaan akan menjadi lebih buruk. ... keadaan benar-benar menjadi bertambah buruk, kita menganggap keadaan pasti akan menjadi baik.

Kata penghubung antarklausa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut  adalah ....
A.    atau, jika, bahwa
B.     dan, karena, apabila
C.     bahwa, jika, dan
D.    jika, bahwa, apabila
E.     dan, jika, bahwa

29.  Cermati paragraf berikut!
      Ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung, fokus pembelajaran tidak hanya kepada satu aspeks berbahasa, tetapi juga harus meliputi keempat aspek berbahasa, yaitu mendengarkan berbicara, membaca, dan menulis. Oleh sebab itu, ... siswa diarahkan kepada keempat aspek keterampilan tersebut. Di samping itu, mereka dilatih pula mandiri dengan menemukan sendiri, ... sendiri, dan mempraktikkan sediri sesuatu kopetensi yang dipelajari.  Kemampuan siswa diharapkan benar-benar ... diasah dan secara terpadu. Jadi, ... siswa terasah pada saat mempelajari kopetensi tertentu karena

Kata serapan yang baku penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    aktifitas, menganalisa, kontiniu,  kreatifitas
B.     aktivitas, menganalisa, kontiniu,  kreativitas
C.     aktivitas, menganalisis, kontinu,  kreativitas
D.    aktivitas, menganalisis, kontiniu,  kreatifitas
E.     aktifitas, menganalisa, kontiniu,  kreatifitas

30.  Cermati paragraf berikut!
      Kaum wanita muda banyak ... obat pelangsing. Akan tetapi, mereka lebih percaya kepada obat produksi luar negeri sekalipun Indonesia sekarang juga ... obat langsing. Sekarang produksi obat tradisional mencoba ... obat-obat produk Indonesia setara dengan luar negeri.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A.    mengkonsumsi, memproduksi, menyiasati
B.     mengonsumsi, memroduksi, menyiasati
C.     mengonsumsi, memproduksi, mensiasati
D.    mengkonsumsi, memroduksi, mensiasati
E.     mengonsumsi, memproduksi, menyiasati

31.   Cermati paragraf berikut!
      Malam itu hujan turun ... . udara terasa ... . sesekali terdengar bunyi petir yang disertai kilat. Suasana semakin mencekam. Sekeliling rumah pun ... karena lampu penerang padam. Betapa seramnya malam itu di hotel tempat kami penginap.
Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.  besar sekali, sedikit dingin, cukup gelap
B.     deras sekali, dingin sekali, gelap sekali
C.     agak deras, sedikit dingn, hampir gelap
D.    kencang sekali, dingin sekali, agak gelap
E.     sangat kencang, agak dingin, sangat gelap

32.  Cermati paragraf deskripsi berikut!
Bunga anggrek berbentuk khas dan menjadi penciri yang membedakannya dari anggota suku lain. Bunga-bunga anggrek tersusun majemuk. ... . Helaian kelopak bunga biasanya berwarna mirip dengan mahkota bunga. Satu helai mahkota bunga termodifikasi membentuk semacam "lidah" yang melindungi suatu struktur aksesoris yang membawa benang sari dan putik. Benang sari memiliki tangkai sangat pendek dengan dua kepala sari berbentuk cakram kecil dan terlindung oleh struktur kecil.

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    Bunganya dipergunakan sebagai simbol cinta, kemewahan, dan keindahan
B.     Bunganya itu dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang sangat populer.
C.     Bunga anggrek sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas.
D.    Anggrek tumbuh menumpang pada pohon lain tanpa merugikan tanaman.
E.     Bunga itu terlihat seakan muncul dari tangkai bunga yang memanjang.

33.  Cermati paragraf berikut!
Proses seseorang meraih cita-cita (menamatkan sekolah) ada yang mengalami kesulitan biaya. Dia juga akan kesulitan memahami pelajaran. Mungkin dia gagal naik ke jenjang yang lebih tinggi. Apakah dia akan berhenti atau meneruskan? Bila dia mengambil hikmah atas kegagalannya, dia akan terus dan berusaha mengatasinya. Berkat kesungguhannya, sampailah meraih apa yang diinginkannya (tamat). Sama halnya seseorang pendaki gunung. Dia akan melalui rintangan, kekuatan fisik, batu terjal, semak belukar, dan sebagainya. Namun, pada akhirnya dengan tekad dan kesungguhan, membuat pendaki mampu mengatasi semua rintangan dan mencapai puncak (berhasil). ...

Kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf analogi tersebut adalah ....
A.    Begitulah, seseorang kalau ingin pandai harus seperti mendaki gunung.
B.     Dengan demikian, mendaki gunung sama dengan belajar tekun.
C.     Jadi, proses dan rintangan menutut ilmu sama halnya mendaki gunung.
D.    Memang, rintangan pada saat belajar perlu dilalui seperti mendaki gunung.
E.     Maka, mencapai puncak, pendaki harus mempelajari rintangan-rintangan.

34.  Cermati paragraf berikut!
Seseorang ditugaskan melakukan survei untuk mengetahui kelayakan kesehatan pemukiman di pemukiman liar di salah satu wilayah pinggiran kampung di sisi jalan tol Jakarta-Cikampek. Jumlah yang didata sebanyak 150 rumah Terkumpullah data sebagai berikut: rumah-rumah yang ditempati dibangun di atas tanah yang berupa rawa-rawa yang disanggah dengan kayu atau bambu. Udara terasa lembab karena tergenang air. Bahan bangunannya berupa barang-barang dan kayu bekas. Rumah mereka sempit, tanpa sirkulasi udara, atapnya rendah, udara pengap, dan di sekitar rumah sampah berserakan dan mengeluarkan bau busuk. Tidak terdapat air bersih dan MCK yang layak.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah ....
A.    Oleh sebab itu, mereka belum memikirkan kesehatan keluarga.
B.     Maka tempat tinggal itu, harus menjadi perhatian dinas kesehatan.

C.     Seharusnya pemerintah menyediakan rumah yang sehat untuk mereka.
D.    Jadi, pemukiman tersebut tidak memenuhi sahat kesehatan
E.     Dengan begitu, mereka tergolong orang yang rentan penyakit.

35.  Cermati paragraf berikut !
      Penggunaan alat pendingin, seperti pendingin ruangan, pendingin mobil, maupun lemari pendingin sudah mewabah di seluruh dunia. ... Lapisan ozon menjadi rusak akibat CFC yang keluar dari alat-alat pendingin tersebut. Padahal, lapisan ozon melindungi bumi dari kerusakan akibat sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari. Kalau hal ini berlangsung terus menerus, lapisan ozon makin lama makin tipis akan berlubang. Hal ini sangat menggangu kelangsungan hidup makhluk di bumi. ...

Kalimat yang merupakan sebab untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    Alat-alat pendingin tersebut mengeluarkan CFC.
B.     Masyarakat memiliki alat-alat modern hampir setiap rumah.
C.     Penggunaan alat pendingin sangat diminati masyrakat saat ini.
D.    Banyak orang yang tidak tahu lapisan ozon menjadi rusak.
E.     Jadi, lapisan ozon melindungi bumi dari sinar ultraviolet.

36.  Cermati silogisme berikut!
PU : Setiap warga negara Indonesia harus hemat pemakaian BBM.
PK : Anggraini warga negara Indonesia.
K    : ....

A.                Anggraini harus hemat pemakaian BBM.
B.                 Anggraini dilarang boros memakai BBM.
C.                 Anggraini berusaha hemat memakai BBM.
D.                Setiap warga menghemat BBM.
E.                 Semua warga Negara Indonesia hemat BBM.

37.  Cermati kutipan teks pidato berikut!
Dewasa ini, suhu bumi semakin panas kita rasakan. Hal ini disebabkan ulah manusia. Contohnya penebangan liar kayu secara besar-besaran di hutan tanpa memikirkan dampak atau penananman ulang. Karena hutan yang gundul dengan banyaknya gas buang CO2 dan banyaknya volume kendaraan bermotor menimbulkan efek rumah kaca. Jika hal ini berlangsung terus, lingkungan akan menjadi panas dan gersang. Untuk itu, kini saatnya kita bersama-sama menyelamatkan bumi yang kita sayangi ini. ...


Kalimat persuasif untuk  melengkapi akhir paragraf tersebut adalah ....
A.                Janganlah kita membeli atau memasang AC untuk alat pendingin rumah.
B.                 Sebaiknya kita tidak perlu memakai kendaraan bermotor ke mana pun.
C.                 Mari kita menanam pohon di lingkungan kita untuk menyegarkan suhu bumi.
D.                Ayo, pengguna kendaraan bermotor jangan mengendarai motornya lagi.
E.                 Kita berilah pengertian terhadap penebang pohon di mana pun dia berada.

      Cermati isi paragraf berkut untuk soal 38 dan 39!
Maria seorang pengusaha muda yang cukup berhasil. Dengan susah payah dia membangun usahanya. Tidak sia-sia ... selama ini yang akhirnya membuahkan hasil. Konsepnya selalu bekerja keras dan berhemat dengan mengontrol pengeluaran. Jika sesuatu tidak bermanfaat, tidak dibelinya. Bila ada yang penting perlu dibelinya, dia lihat dulu ketersediaan keuangannya. Seperti kata peribahasa ” ... ”.

38.  Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat ketiga pada paragraf tersebut adalah ....
A.    menanam saham
B.     membanting tulang
C.     berhati lapang
D.    panjang akal
E.     berpikiran jernih

39.  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi kalimat terakhit paragraf tersebut adalah ....
A.                Sekali merangkul dayung, dua tiga pulau terlampaui.
B.                 Dalam laut dapat diduga, dalam hati tiada yang tau.
C.                 Air laut jika ditimba terus-menerus akan kering jua.
D.                Ada jangan dimakan kalau tak ada baru dimakan.
E.                 Main api terbakar, main pisau luka, main air basah.

40.  Cemati paragraf berikut!
Kamu ... bahwa kita karus memiliki konsekuensi dalam bertindak sepeti karyawan pabrik Angkasa di Tangrang, Provinsi Banten itu. Tindakan sewenang-wenang ... pabrik tidak dapat ditoleransi lagi. Peruasahaan mengeksploitasi tenaga buruh, tetapi upah yang diberikan di bawah upah minimum provinsi (UMP). Kalau mereka menerima keadaan seperti itu, kapan mereka akan ... nasibnya.

Penulisan yang tepat untuk memperbaiki kata bercetak miring dalam paragraf tersebut   adalah ....
A.    bilang, fihak, merubah
B.     katakan, fihak, mengubah
C.     mengatakan, fihak, merubah
D.    bilang, pihak, merubah
E.     mengatakan, pihak, mengubah           




41.  Cermati paragraf berikut!
(1)   Perusahaan yang beridiri sejak 1912 itu, tahun depan akan genap berusia 100 tahun atau seabad.
(2)   ... .
(3)   Kalaupun ada, umumnya perusahaan keluarga yang di miliki segelintir orang.
(4)   Melihat maju dan bertahannya perusahaan itu, perlu ditiru kiat-kiat yang dilakukannya.
(5)   Dengan mengetahui kiat-kiat tersebut, mudah-mudahan akan ada lagi perusahaan seperti itu di Indonesia.

Urutan kalimat (2) yang tepat untuk melengkapinya agar dapat dijadikan paragraf padu adalah ....
A.    Tidak ada ditemukan ketegaran pendiri perusahaan seperti itu.
B.     Belum ada perusahaan di Indonesia yang berumur sepanjang itu.
C.     Perusahaan itu dapat dijadikan contoh oleh siapa pun.
D.    Keadaan itu harus dipertahan dan harus dijaga lebih baik lagi.
E.     Rahasia kesuksesan perusahaan itu boleh ditiru jaka mau.

42.  Cermati paragraf berikut!
Hampir mirip dengan di produksi televisi, film, atau video. Produsi program radio memiliki tanggungjawab terhadap sebuah program acara di radio, menjamin terselenggaranya program acara dalam sebuah siaran radio, sesuai dengan standart mutu acara yang telah ditetapkan oleh Program Director. Serta mendukung tujuan penyelenggaran siaran untuk mencapai jumlah pendengar dan usaha peningkatan pendapatan yang telah ditetapkan oleh station radio tersebut.

Istilah yang tepat untuk pengganti kata yang tercetak digarisbawahi dalam paragraf tersebut adalah ....
A.    produk
B.     diproduk
C.     produser
D.    memproduksi
E.     diproduksi

43.  Cermati hal berikut!
Tema karya tulis: Pemanfaatan sampah lingkungan
Latar belakang yang tepat untuk tema tersebut ....
A.    Banyaknya sampah ditemukan yang menggangu lingkungan.
B.     Ternyata banyak sekali sampah yang menimbulkan masalah.
C.     Sampah merupakan barang yang harus dibuang pada tempatnya.
D.    Pembuang sampah banyak tidak memiliki pembuangan sampah.
E.     Tidak salah lagi kalau orang banyak diresahkan oleh sampah.





44.  Judul: Pelestarian Budaya Jawa
latar belakang : Budaya jawa telah mulai luntur yang mana disebabkan masuknya pengaruh budaya luar.

Kalimat efektif untuk perbaikan kalimat latar belakang tersebut adalah ....
A.    Budaya Jawa sudah tercemar oleh dengan masuknya budaya luar.
B.     Budaya jawa mulai tercemar disebabkan pengaruh budaya luar.
C.     Budaya jawa telah tercemar disebabkan pengaruh budaya luar.
D.    Budaya Jawa telah tercemar dengan disebabkan budaya lain.
E.     Budaya Jawa saat ini sudah tercemar oleh pengaruh budaya luar.

45.  Cermati penulisan judul berikut!
daur ulang sampah plastik dan koran bekas

Perbaikan penulisan judul tersebut yang sesuai dengan EYD adalah ....
A.    Daur ulang Sampah Plastik Dan Koran Bekas
B.     Daur Ulang sampah Plastik dan Koran bekas
C.     Daur Ulang Sampah Plastik dan Koran bekas
D.    Daur ulang sampah plastik dan koran bekas
E.     Daur ulang sampah plastik Dan koran bekas

46.   Cermati lowongan kerja berikut!
      Dibutuhkan segera operator komputer, tamat SMA semua jurusan. Lamaran ditujukan ke PO BOX 25 SMG. Paling lambat satu minggu setelah iklan ini diterbitkan.
Suara Merdeka, 30 Januari 2011

Kalimat pembuka yang tepat untuk surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan di atas     adalah ....
  1. Berdasarkan iklan pada Suara Merdeka, 30 Januari 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai operator komputer di perusahaan Bapak.
  2. Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Suara Merdeka, 30 Januari 2011, saya mengajukan lamaran pekerjaan  sebagai operator komputer di perusahaan Bapak.
  3. Melalui surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk memenuhi iklan yang dimuat di harian Suara Merdeka, Sabtu, 8 Januari 2011.
  4. Saya tertarik akan iklan Bapak di harian Suara Merdeka, 30 Januari 2011, karena sesuai dengan pendidikan saya berijazah teknik komputer.
  5. Memenuhi iklan Bapak pada harian Suara Merdeka, Sabtu, 30 Januari, saya bermaksud mengisi lowongan kerja tersebut.

47.  Cermati penutup surat lamaran!
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas penerimaannya tidak lupa saya ucapkan terima kasih.

Perbaikan kalimat penutup surat yang tecetak miring tersebut adalah ....
  1. Dengan diterimanya oleh Bapak, saya ucapkan terima kasih.
  2. Atas perhatian Bapak terhadap saya, saya ucapkan terima kasih.
  3. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.
  4. Dengan diperhatikannya saya, saya ucapkan terima kasih.
  5. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

48.  Cermati ilustrasi berikut!
OSIS SMA Cempaka akan mengadakan berbagai lomba kebahasaan pada perayaan Bulan Bahasa tahun ini. Peserta lomba berasal dari sekolah-sekolah negeri dan swasta di wilayah mereka.Salah satunya SMA N 1.

      Kalimat pembuka surat undangan sesuai ilustrasi tersebut adalah ....
  1. Mengingat pentingnya acara, kami mengundang teman-teman perwakilan SMA ini untuk mengikuti berbagai lomba kebahasaan.
  2. Dalam rangka mengadakan lomba, kami mengharapkan teman-teman perwakilan SMA N 1 untuk mengikuti berbagai lomba kebahasaan.
  3. Sehubungan dengan perayaan Bulan Bahasa, kami OSIS SMA Cempaka mengundang teman-teman perwakilan SMA N 1 untuk mengikuti berbagai lomba kebahasaan.
  4. Bersama surat ini, kami mengundang mengundang teman-teman perwakilan SMA N 1 untuk mengikuti berbagai lomba kebahasaan.
  5. Berhubung akan diadakan berbagai lomba kebahasaan, maka kami mengharapkan teman-teman mengikuti berbagai lomba kebahasaan.

49.  Cermati penjelasan berikut!
Jika banyak kalangan berkeluh kesah tentang miskinnya bahasa Indonesia, seketika Sutardji Calzoum Bachri (SCB) telah menghancurkan pandangan itu. Maka tidak berlebihan jika menempatkan buku ini sebagai kitab utama pelajaran memperkaya bahasa Indonesia. Bahkan, mereka yang masih mencari kata, gagu membuat kalimat, mualaf mengarang, penulis puisi yang belum jadi penyair, atau segala aktivitas yang berkaitan dengan tulis-menulis, buku ini dapat dimanfaatkan sebagai acuan.
Kata-kata yang digunakan Sutardji Calzoum Bachri untuk mengungkap tanggapan masyarakat tentang miskinnya bahasa Indonesia sungguh bijak. Munculnya buku yang memuat tentang cara-cara menulis pun telah terwakili dari kata-kata yang digunakannya.

     Kutipan teks tersebut dapat dikatakan bagian resensi karena berisi tentang ....
A.    keunggulan dan kesimpulan kemanfaatan buku
B.     kelemahan buku dan keunggulan buku
C.     identitas buku dan kepengarangan pengarang
D.    kepengarangan dan kesimpulan kemanfaatan buku
E.     identitas buku dan sinopsis atau ringkasan isi buku

50.  Cermati isi kutipan berikut!
Perkara bahasa dalam revolusi Chairil Anwar dan Sutardji Calzoum Bachri itu dikatakan bahwa Chairil Anwar dan Sutardji Calzoum Bachri adalah pembaharu dalam perpuisian Indonesia modern. Kekuatan dua penyair itu ada dalam permainan dan pengolahan bahasa. Pembicaraan atau analisis puisi itu yang terpenting adalah analisis kebahasaannya. Kepuitisan atau nilai estetis sajak itu terutama ditentukan oleh bahasa atau penggarapan bahasanya.”
     
      Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ....
  1. Sutardji Calzoum Bachri dan Chairil Anwar mengungkapkan kata-kata bijak dalam puisinya tentang cara menulis dan mengarang pemula.
  2. Kata-kata yang digunakan Sutardji Calzoum Bachri dan Chairil Anwar untuk mengungkap tanggapan masyarakat tentang bahasa Indonesia sungguh bijak.
  3. Kata-kata bijak yang digunakan Sutardji Calzoum Bachri dan Chairil Anwar dalam mengungkap miskinnya bahasa Indonesia sungguh bijak
  4. Chairil Anwar dan Sutardji Calzoum Bachri adalah pembaharu dalam perpuisian Indonesia modern dan kekuatan dua penyair itu ada pada permainan dan pengolahan bahasa.
  5. Kata-kata yang mengemukakan tentang miskinnya bahasa Indonesia sudah terjawab oleh puisi karangan Sutardji Calzoum Bachri ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar