Jumat, 22 Februari 2013
Belajar Java untuk Pemula
Boleh Ngopi dari orang . . . .
NusaReborn > EDUCATIONAL > NSR ClassRoom > [Programming] Java Programming Thread
PDA
View Full Version : [Programming] Java Programming Thread
CoMPuTeR[E]
January 20th, 2010, 22:23
Thread ini saya buat dengan tujuan untuk belajar Java dari rookie bersama dengan anak-anak NSR .....
NB: gw gak pinter-pinter amat programming Java. Karena itu, mari kita belajar bersama .... :):):)
INDEX JAVA PRORAMMING THREAD
1. Overview, Tools Yang Diperlukan : disini
(http://forum.nusa.net.id/showpost.php?p=1004582&postcount=10) 2. Pengenalan Netbeans Pertama Kali : disini (http://forum.nusa.net.id/showpost.php?p=735876&postcount=2)
3. Pengenalan Java by DarK_CinniN (http://forum.nusa.net.id/member.php?u=22671) : disini (http://forum.nusa.net.id/showpost.php?p=942279&postcount=4)
4. Program Nilai Maksimum dan Minimum suatu type data by DarK_CinniN (http://forum.nusa.net.id/member.php?u=22671): disini (http://forum.nusa.net.id/showpost.php?p=942311&postcount=5)
5. Dasar-Dasar Pemrograman : disini (http://forum.nusa.net.id/showpost.php?p=998310&postcount=7) dan disini (http://forum.nusa.net.id/showpost.php?p=1001183&postcount=8)
6. Mendapatkan Input dari Keyboard : disini (http://forum.nusa.net.id/showpost.php?p=1003032&postcount=9)
7. Struktur Kontrol : disini (http://forum.nusa.net.id/showpost.php?p=1018729&postcount=11)
Sampai disini dulu ... ntar diupdate di post ini :):):)
Terima kasih kepada kontributor dalam thread ini dan bila ingin memberikan kontribusinya (baik program,trik,tips,dll) mohon diberi judul post-nya agar lebih mudah diindex. :)
CoMPuTeR[E]
January 22nd, 2010, 19:40
Gw buat di post baru sekalian nge-up ni thread .... :D:D:D
Klo udah install JDK ama Netbeans....
Cara menggunakan :
1. Open Netbeans-nya
2. Klik File -> New Project
3. Trus ketika muncul tampilan, pilih yang Java Application
http://img715.imageshack.us/img715/6425/57809058.jpg
4. Setelah itu klik next, muncul tampilan lagi. Disitu ketik nama project-nya trus ama letak projectnya, trus klik finish
http://img697.imageshack.us/img697/4452/69553456.jpg
5. Setelah itu, biasanya program yang pertama kali dibuat adalah program "Hello Word". Ketik
System.out.println ("Hello Word");
http://img683.imageshack.us/img683/4325/16127860.jpg
6. Untuk Run Program, cukup tekan F6 atau tombol segitiga hijau di toolbar atas
7. Keluaran Outputnya, bisa diliat di kotak bertulisan "Output"
Update lagi klo ada yang ngereply ....... :):):)
Btw, gak ada yang ngereply ya :huh::huh::huh:
TheWizard
February 18th, 2010, 21:09
reply ah ....
berarti ubah script di mozilla tuh pake greasemonkey sama Compiler ??
bener begitu ??
DarK_CinniN
June 7th, 2010, 09:29
wah threadnya mati ini.....
oke, mulai sekarang gw take over....
gw bukan MASTER java, gw juga masih pelatihan JAVA.
sebenarnya sih, sebelum kita menelaah lebih dalam Sebuah bahasa pemrograman, kita harus mengenal dan menyayangi bahasa pemrograman itu sendiri agar kita tidak bosen untuk membuat sebuah program.
Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. tetapi, nama Oak itu sendiri sudah di patenkan oleh bahasa lainnya.
dinamakan JAVA, karena pada suatu hari para tim minum Kopi di kedai deket kantor mereka, lalu salah satu anggotanya menceritakan asal muasal kopi ini, yang di buat melalui biji kopi dari JAVA ( Pulau Jawa ) oleh sebab itu, para tim sepakat menamakan bahasa pemrograman itu, bahasa JAVA.
http://asma07.files.wordpress.com/2009/01/java.jpg
Sekian Pengenalan java nya....
Akan selalu saya update Thread ini, dengan Listing program program.
NB: Di Sini RATA, g ada yang Pinter dan Bodoh. kita sama-sama Belajar di sini, klo yang MERASA JAGO tolong jangan post di sini. TQ
DarK_CinniN
June 7th, 2010, 10:17
Oke sekarang, mari kita membuat Program.
pertama, tama lakukanlah seperti yang di instruksikan Computer[E]
di Postan ke 2.
Setelah itu mari kita ganti smua listing yang ada di lembar kerja dengan listing ini:
Di program ini, kita mau mengetahui berapa Nilai maximun dan minimum suatu Type data.
Sebelumnya, penjelasan dikit tentang variable:
Program Komputer, dasarnya di susun agar dapat melakukan pengolahan data hingga menjadi suatu informasi Data pada umunya direpresentasikan oloeh variable dan setiap variable yang di gunakan untuk merepresentasikan data dalam program harus di deklerasikan terlebih dahulu
public class Main {
public static void main(String[] args) {
byte largestbyte = Byte.MAX_VALUE;
short largestshort = Short.MAX_VALUE;
int largestint = Integer.MAX_VALUE;
float largestfl = Float.MAX_VALUE;
long largestlong = Long.MAX_VALUE;
double largestdou = Double.MAX_VALUE;
char aChar = 's';
boolean aBoolean = true;
byte smallstbyte = Byte.MIN_VALUE;
short smallstshort = Short.MIN_VALUE;
int smallstint = Integer.MIN_VALUE;
float smallstfl = Float.MIN_VALUE;
long smallstlong = Long.MIN_VALUE;
double smallstdou = Double.MIN_VALUE;
//Tampilan
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Variable yang ada di java ");
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Byte "+largestbyte);
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Short "+largestshort);
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Integer "+largestint);
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Float "+largestfl);
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Long "+largestlong);
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Double "+largestdou);
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Char "+aChar);
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Boolean "+aBoolean+"\n");
System.out.println("Nilai Yang paling Kecil dari Variable yang ada di java");
System.out.println("Nilai Yang paling Kecil dari Byte "+smallstbyte);
System.out.println("Nilai Yang paling Kecil dari Short "+smallstshort);
System.out.println("Nilai Yang paling Kecil dari Integer "+smallstint);
System.out.println("Nilai Yang paling Kecil dari Float "+smallstfl);
System.out.println("Nilai Yang paling Kecil dari Long "+smallstlong);
System.out.println("Nilai Yang paling Kecil dari Double "+smallstdou);
}
}Logika Program:
sekarang saya akan menjelaskan Logika Program di atas.
byte largestbyte <<< Typedata Byte di beri nama largestbyte lalu akan di lakukan pencarian Nilai maximumnya dengan Byte.MAX_VALUE;
Dan seterusnya sampai double largestdou = Double.MAX_VALUE;
logikanya masih sama.
lalu Char di beri nama variable aChar dengan nilai s.
lalu boolean, di beri nama variable aBolean dengan nilainya true.
lalu dengan logika yang sama pada mencari max, sekarang kita mencari minimum value hanya mengganti menjadi MIN_VALUE;
Setelah itu kita mencetak smua atau menampilkan semuanya.
System.out.println("Nilai Yang paling besar dari Byte "+largestbyte);
pada System.out.println, jika di beri tanda "" pada dalam kurung, maka dengan automatis menjadi type data string jika ingin menyambungkannya di menggunakan +. largestbyte adalah nama variable yang kita impletasikan bwat mencari nilai max pada type data byte. untuk selanjutnya logikanya sama.
Akan keluar Out pus seperti ini:
http://forum.nusa.net.id/attachment.php?attachmentid=92267&stc=1&d=1275880633
Sekian dolo dari saya, nanti akan saya lanjutkan.
klo di suruh nunjukin, dari Sumber dari mana, ya dari Blog gw:
http://dark-cinnin.blogspot.com/
Maxwelly
June 18th, 2010, 11:33
oh aq sangka apaan... soalnya awalnya bingung jg sih.. :D
judul threadnya kurang menjelaskan isinya :D
tapi stlh dibaca isinya (mengenai cara and mengenal java lbh lnjt) baru mengerti...
emg susa utk di cerna tp aq akn tetap berusaha...
mgkn gk gmpg, tp cpt atw lmbt akan ngerti jg:m174:
CoMPuTeR[E]
July 12th, 2010, 18:21
Komentar Pada Java
Komentar adalah catatan yang ditulis pada kode dengan tujuan sebagai bahan dokumentasi. Teks ini bukan bagian dari program dan tidak mempengaruhi jalannya program.
Penulisan komentar :
~ Dengan diawali dengan //. Semua teks setelah // dianggap sebagai komentar. Sebagai contoh,
// this is single comment~ Dengan diawali dengan /* dan diakhiri dengan */. Semua teks yang ada diantara dua tanda tersebut dianggap sebagai komentar. Sebagai contoh,
/* this is an example of a
multiline comments */
Java IdentifierJava Identifier adalah suatu tanda yang mewakili nama-nama variabel, method, class dsb. Contoh dari pengidentifikasi adalah : Hello, main, System, out.
Pendeklarasian Java adalah case-sensitive. Hal ini berarti bahwa pengidentifikasi : Hello tidak sama dengan hello. Pengidentifikasi harus dimulai dengan salah satu huruf, underscore “_”, atau tanda dollar “$”. Hurufnya dapat berupa huruf besar maupun huruf kecil. Karakter selanjutnya dapat menggunakan nomor 0 smpai 9.
Keyword dalam JavaKeyword adalah pengidentifikasi yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya oleh java untuk tujuan tertentu. Anda tidak dapat menggunakan keyword sebagai nama variabel anda, class, method dsb. Berikut ini adalah daftar dari kata kunci dalam java (Java Keywords).
abstract continue for new switch assert*** default goto* package synchronized boolean do if private this break double implements protected throw byte else import public throws case enum**** instanceof return transient catch extends int short try char final interface static void class finally long strictfp** volatile const* float native super while * not used ** added in 1.2 *** added in 1.4 **** added in 5.0
Catatan: true, false, dan null bukan termasuk kata kunci akan tetapi mereka termasuk kata-kata khusus, jadi anda tidak dapat menggunakan mereka sebagai nama variabel pada program anda
Tipe Data PrimitifBahasa pemrograman java mendefinisikan delapan tipe data primitif. Mereka diantaranya adalah, boolean (untuk bentuk logika), char (untuk bentuk tekstual), byte, short, int, long (integral), double and float (floating point).
logika - boolean
tipe data boolean diwakili oleh dua pernyataan : true dan false. Sebagai contoh adalah,
boolean result = true;Contoh yang ditunjukkan diatas, mendeklarasikan variabel yang dinamai result sebagai tipe data boolean dan memberinya nilai true.
textual - char
Tipe data character (char), diwakili oleh karakter single Unicode. Tipe data ini harus memiliki ciri berada dalam tanda single quotes(’ ’). Sebagai contoh,
‘a’ //Huruf a
‘\t’ //A tabUntuk menampilkan karakter khusus seperti ' (single quotes) atau " (double quotes), menggunakan karakter escape \. Sebagai contoh,
'\'' //untuk single quotes
'\"' //untuk double quotesMeskipun, String bukan merupakan tipe data primitif (namun merupakan suatu Class),kita akan memperkenalkan mengenai pada bagian ini.String mewakili tipe data yang terdiri atas beberapa karakter. Mereka tidak termasuk tipe data primitif, melainkan suatu class. Mereka memiliki literal yang terdapat diantara tanda double quotes(“”).
Sebagai contoh,
String message=“Hello world!”
Integral – byte, short, int & long
tipe data yang terintegrasi dalam java menggunakan tiga bentuk- yaitu desimal, oktal atau heksadesimal.
Sebagai contoh,
2 //nilai desimal 2
077 //angka 0 pada awal pernyataan mengindikasikan nilai oktal
0xBACC //karakter 0x mengindikasikan nilai heksadesimal
Floating Point – float dan double
tipe Floating point memiliki double sebagai default tipe datanya. Floating-point literal terdiri atas salah satunya desimal point atau salah satu dari pilihan berikut ini,
E or e //(add exponential value)
F or f //(float)
D or d //(double)Contohnya adalah,
3.14 //nilai floating-point sederhana (a double)
6.02E23 //A nilai floating-point yang besar
2.718F //A nilai float size sederhana
123.4E+306D //A nilai double yang besar dengan nilai redundant DPada contoh yang ditunjukkan diatas, 23 setelah E pada contoh kedua bernilai positif. Contoh tersebut ekuivalen dengan 6.02E+23
VariableVariabel adalah item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan object.
variabel memiliki tipe data dan nama. tipe data mengindikasikan tipe dari nilai yang dapat dibentuk oleh variabel itu sendiri. nama variabel harus mengikuti aturan untuk pengidentifikasian
Deklarasi dan Inisialisasi Variabel
Untuk deklarasi variabel adalah sebagai berikut,
<data tipe> <name> [=initial value];Catatan: Nilainya berada diantara <> adalah nilai yang disyaratkan, sementara nilai dalam tanda [] bersifat optional.
Berikut ini adalah contoh program yang mendeklarasikan dan menginisialisasi beberapa variabel,
public class Main
{
public static void main(String[] args)
{
//deklarasi a tipe data dengan nama variable
// result dan tipe data boolean
boolean result;
//deklarasi tipe data dengan nama variabel
// option dan tipe data char
char option;
option = 'C'; //menandai 'C' sebagai option
//deklarasi tipe data dengan nama variabel
//grade, double tipe data dan telah di inisialisasi
//to 0.0
double grade = 0.0;
}
}
Menampilkan Data Variable
Untuk mengeluarkan nilai dari variabel yang diinginkan, kita dapat menggunakan perintah sebagai berikut,
System.out.println()
System.out.print()Berikut ini adalah contoh program,
public class Main
{
public static void main(String[] args)
{
int value = 10;
char x;
x = 'A';
System.out.println( value );
System.out.println( "The value of x=" + x );
}
}Program tersebut akan mengeluarkan teks berikut pada layar,
10
The value of x=A
System.out.println() vs. System.out.print()
Apa yang membedakan diantara perintah System.out.println() and System.out.print()? Yang pertama menambahkan baris baru pada akhir data untuk dikeluarkan, sementara selanjutnya tidak.
Perhatikan pernyataan tersebut,
System.out.print("Hello ");
System.out.print("world!");Pernyataan tersebut akan menghasilkan output berikut ini pada layar,
Hello world!Sekarang perhatikan pernyataan berikut,
System.out.println("Hello ");
System.out.println("world!");Pernyataan ini akan menghasilkan output sebagai berikut pada layar,
Hello
world!
CoMPuTeR[E]
July 14th, 2010, 10:59
OPERATOR DALAM JAVA
Dalam bahasa pemrogramman selalu ada manipuasli terhadap variabel-variabel yang kita definisikan. Manipulasi variabel dan alur program sangat ditentukan oleh operator.
Operator berfungsi untuk mengoperasikan (memanipulasi, mengolah) satu atau lebih variabel. Variabel yang dioperasikan disebut operand.
Secara garis besar operator dalam java bisa dikelompokkan menjadi :
1. Operator assignment
2. Operator aritmatika
3. Operator unary
4. Operator equality
5. Operator kondisional
6. Operator komparasi
7. Operator bitwise
1. Operator assigment adalah tanda = (sama dengan), berguna untuk memberi literal pada suatu variabel tertentu. Berikut contoh operator assigment :
int testInt = 0;
2. Operator aritmatika adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika (perhitungan). Operator ini ada lima macam yaitu :
- Operator penambahan (+)
- Operator penguranan (-)
- Operator perkalian (*)
- Operator pembagian (/)
- Operator sisa - mod (%).
Berikut contoh penggunaan operator arimatika :
int hasil = 1 + 2; // hasil = 3
hasil = hasil - 1; // hasil = 2
hasil = hasil * 2; // hasil = 4
hasil = hasil / 2; //hasil = 2
hasil = hasil + 8; // hasil = 10
hasil = hasil % 7; //hasil = 3 Operator penjumlahan (+) bisa juga diterapkan pada objek string (seperti pada contoh penjelasan kelas String).
3. Operator unary meliputi operator unary positif (+) untuk menandakan suatu bilangan positif (setiap bilangan tanpa tanda negatif, berarti termasuk bilangan positif). Operator unary negatif (-) untuk menandakan suatu bilangan negatif. Operator unary increment (++), berguna menambah menambah literal bilangan dengan literal bilangan satu. Operator unary decrement (–), berguna mengurangi literal bilangan dengan bilangan satu. Dan operator unary komplemen logika (!), berguna untuk mengkomplemenkan suatu logika yang bernilai true atau false.
Berikut contoh penggunaan operator unary :
int hasil = +1; // hasil = 1
hasil–; //hasil = 0
hasil++; // hasil = 1
hasil = -hasil; // hasil = -1
boolean success = false; //success = false;
success = !success; //success =true;
4. Operator equalitydigunakan untuk membandingkan dua variabel, apakah nilainya sama, lebih besar, lebih kecil, lebih besar atau sama dengan, lebih kecil atau sama dengan dan tidak sama dengan. Operator-operator tersebut adalah sebagai berikut :
== sama dengan
> lebih besar
< lebih kecil
>= lebih besar atau sama dengan
<= lebih kecil atau sama dengan
!= tidak sama dengan
Berikut contoh pemakaian operator equality (contohnya dapat ngambil dari situs java.sun.com)
class ComparisonDemo {
public static void main(String[] args){
int value1 = 1;
int value2 = 2;
if(value1 == value2) System.out.println(”value1 == value2?);
if(value1 != value2) System.out.println(”value1 != value2?);
if(value1 > value2) System.out.println(”value1 > value2?);
if(value1 <>
if(value1 <= value2) System.out.println(”value1 <= value2?);
}
} Outpun program tersebut sbb:
value1 != value2
value1 < value2
value1 <= value2
5. Operator kondisional digunakan pada dua atau lebih ekspresi boolean. Operator ini terdiri dari operator kondisional AND (&&) dan operator kondisional OR (||). Selain itu ada juga operator kondisional and (&) dan operator kondisional or (|). Bedanya pada operasional kondisional && dan || jika ekspresi sudah memenuhi syarat, ekspresi setelahnya tidak dicek, sedangkan pada operator kondisional & dan | akan mengecek seluruh ekspresi.
Berikut contoh penggunaan operator ini (contohnya ngambil dari situ sun juga) :
class ConditionalDemo {
public static void main(String[] args){
int value1 = 1;
int value2 = 2;
if((value1 == 1) && (value2 == 2))
System.out.println(”value1 is 1 AND value2 is 2?);
if((value1 == 1) || (value2 == 1))
System.out.println(”value1 is 1 OR value2 is 1?);
}
}
outpun program di atas adalah :
value1 is 1 AND value2 is 2
value1 is 1 OR value2 is 1
6. Operator komparasi digunakan untuk mengecek apakah suatu objek merupakan instance dari suatu kelas tertentu. Operator komparasi adalah operator instanceof. Jika suatu objek yang kita tes merupakan instance dari suatu kelas yang kita tentukan, ekspresi ini bernilai true, false jika sebaliknya. Berikut contoh sederhana pemakaian operator komparasi.
KelasA a = new KelasA();
KelasB b = new KelasB();
if(a instanceof KelasA)
Sytem.out.println(”objek adalah instance dari KelasA);
Karena a merupakan instance dari KelasA maka statement System.out.println(”objek adalah instance dari KelasA”) dieksekusi
CoMPuTeR[E]
July 15th, 2010, 11:33
Untuk mendapatkan input dari keyboard dapat melalui beberapa cara contohnya :
Menggunakan BufferedReader
Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard:
1. Tambahkan di bagian paling atas code anda:
import java.io.*;2. Tambahkan statement ini:
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );3. Deklarasikan variabel String temporer untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch:
try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println(“Error in getting input”);
}Berikut ini adalah source code selengkapnya:
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class Main
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
String name = "";
System.out.print("Please Enter Your Name:");
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello " + name +"!");
}
}Berikutnya akan dijelaskan setiap baris dari code:
Statement,
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;menjelaskan bahwa kita akan menggunakan kelas BufferedReader, InputStreamReader dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) sudah berisi ratusan kelas yang bisa digunakan untuk program anda. Kelas-kelas tersebut dikumpulkan ke dalam packages.
Packages memiliki kelas yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas, java.io package mengandung kelas-kelas yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data. Statement diatas juga dapat ditulis,
import java.io.*;yang akan mengeluarkan semua kelas yang berada pada paket, dan selanjutnya kita bisa menggunakan kelas-kelas tersebut pada program kita.
Dua statement selanjutnya,
public class Main
{
public static void main( String[] args ){Statement ini menyatakan bahwa kita mendeklarasikan sebuah class bernama Main dan kita mendeklarasikan main method.
Pada statement,
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe kelas BufferedReader.
Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name,
String name = "";Statement diatas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Variabel name diinisialisasi sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya.
Baris berikutnya adalah memberikan output string pada layar menanyakan nama user.
System.out.print("Please Enter Your Name:");Sekarang, block di bawah ini merupakan try-catch block,
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada statement
name = dataIn.readLine();akan ditangkap.
Selanjutnya statement,
name = dataIn.readLine();method diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel name, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,
System.out.println("Hello " + name + "!");
Menggunakan Scanner
Sebenarnya penggunaan Scanner sama saja dengan penggunaan BufferedReader.
1. Tambahkan di bagian paling atas code anda:
import java.util.Scanner;2. Tambahkan statement ini:
Scanner dataIn = new Scanner (System.in);3. Deklarasikan variabel String temporer untuk mendapatkan input. Bila BufferedReader menggunakan fungsi readLine (), pada Scanner menggunakan fungsi nextLine ().
name = dataIn.nextLine();List lengkap program :
import java.util.Scanner;
public class Main {
public static void main(String[] args)
{
Scanner dataIn = new Scanner (System.in);
String name = "";
System.out.print("Please Enter Your Name:");
name = dataIn.nextLine();
System.out.println("Hello " + name +"!");
}
}
Perbedaan lainnya adalah pada Scanner, kita tidak perlu menggunakan block try-catch.
Saya lebih suka menggunakan Scanner karena lebih simple dan tidak ribet seperti BufferedReader ... :D:D:D
Note: Semua inputan yang kita dapatkan dari keyboard akan bertipe String (meskipun inputan itu berupa angka mis, 1,2,dll).
Bila inputan berupa angka dan kita ingin merubahnya menjadi tipe int, maka cukup menambahkan statement berikut ini :
import java.util.Scanner;
public class Main {
public static void main(String[] args)
{
Scanner dataIn = new Scanner (System.in);
String name = "";
int digitIn = 0;
System.out.print("Please Enter Your Name:");
name = dataIn.nextLine();
digitIn = Integer.parseInt(name);
}
}
CoMPuTeR[E]
July 16th, 2010, 09:42
Pertama-tama yang harus dipunyai adalah suatu compiler ......
Compiler merupakan suatu program yang berguna untuk "mengubah" source code (kode-kode program) menjadi suatu program yang dapat dieksekusi. (Bingung khan ? Sama :D:D:D gw juga bingung ngejelasin artinya)
Compiler Java ada banyak seperti netbeans, jcreator,visual studio, dll
Saya merekomendasikan untuk menggunakan Netbeans. Kenapa ? Karena itulah compiler yang saya gunakan :D:D:D.
Pertama-tama, install JDK+Netbeans-nya (install JDK-nya dulu, baru netbeansnya).
Link download : http://java.sun.com/javase/downloads/widget/jdk_netbeans.jsp
Atau maw download secara terpisah :
JDK : http://java.sun.com/javase/downloads/widget/jdk6.jsp
Netbeans : http://services.netbeans.org/bouncer/index.php?product=netbeans-6.8-ml&os=windows
Saat ini, netbeans yang terbaru adalah versi 6.8 dan JDK terbaru versi 6 update 18
CoMPuTeR[E]
July 24th, 2010, 19:42
Struktur Kontrol
Struktur kontrol digunakan untuk menentukan urutan statement yang akan dieksekusi .....
- Struktur kontrol Keputusan
Struktur kontrol keputusan adalah statement dari Java yang mengijinkan user untuk memilih dan mengeksekusi blok kode dan mengabaikan blok kode yang lain
Statement if
Statement-if menentukan sebuah statement (atau blok kode) yang akan dieksekusi jika dan hanya jika persyaratan boolean (boolean statement) bernilai true.
Bentuk dari statement if,
if( boolean_expression )
statement;
atau
if( boolean_expression ){
statement1;
statement2;
. . .
}
dimana, boolean_expression adalah sebuah persyaratan boolean (boolean statement) atau boolean variabel
Berikut ini adalah contoh code statement if,
int grade = 68;
if( grade > 60 ) System.out.println("Congratulations!");
atau
int grade = 68;
if( grade > 60 ){
System.out.println("Congratulations!");
System.out.println("You passed!");
}
Statement if-else
Statement if-else digunakan apabila kita ingin mengeksekusi sebuah statement dengan kondisi true dan statement yang lain dengan kondisi false.
Bentuk statement if-else,
if( boolean_expression )
statement;
else
statement;
dapat juga ditulis seperti,
if( boolean_expression ){
statement1;
statement2;
. . .
}
else{
statement1;
statement2;
. . .
}
Berikut ini contoh code statement if-else,
int grade = 68;
if( grade > 60 ) System.out.println("Congratulations!");
else System.out.println("Sorry you failed");
atau
int grade = 68;
if( grade > 60 ){
System.out.println("Congratulations!");
System.out.println("You passed!");
}
else{
System.out.println("Sorry you failed");
}
Statement if-else-if
Statement pada bagian else dari blok if-else dapat menjadi struktur if-else yang lain. Struktur seperti ini mengijinkan kita untuk membuat seleksi persyaratan yang lebih kompleks.
Bentuk statement if-else if,
if( boolean_expression1 )
statement1;
else if( boolean_expression2 )
statement2;
else
statement3;
Bisa anda catat anda dapat memiliki banyak blok else-if sesudah statement if. Blok else bersifat optional dan dapat dihilangkan. Pada contoh di bawah atas, jika boolean_expression1 bernilai true, maka program akan mengeksekusi statement1 dan melewati statement yang lain. Jika boolean_expression2 bernilai true, maka program akan mengeksekusi statement2 dan melewati statement3.
Berikut ini contoh code statement if-else-if
int grade = 68;
if( grade > 90 ){
System.out.println("Very good!");
}
else if( grade > 60 ){
System.out.println("Very good!");
}
else{
System.out.println("Sorry you failed");
}
Kesalahan umum ketika menggunakan statement if-else:
1. Kondisi pada statement if bukan merupakan nilai boolean. Contohnya,
//BENAR
int number = 0;
if( number ){
//some statements here
}
Variabel number tidak memiliki nilai Boolean.
2. Menggunakan = daripada == untuk operator perbandingan. Contohnya,
//SALAH
int number = 0;
if( number = 0 ){
//Statement Selanjutnya
}
Seharusnya code tersebut ditulis,
//BENAR
int number = 0;
if( number == 0 ){
//Statement Selanjutnya
}
3. Menulis elseif daripada else if.
Contoh statement if-else-else if
public class Grade
{
public static void main( String[] args )
{
double grade = 92.0;
if( grade >= 90 ){
System.out.println( "Excellent!" );
}
else if( (grade < 90) && (grade >= 80)){
System.out.println("Good job!" );
}
else if( (grade < 80) && (grade >= 60)){
System.out.println("Study harder!" );
}
else{
System.out.println("Sorry, you failed.");
}
}
}
Statement switch
Cara lain untuk membuat percabangan adalah dengan menggunakan kata kunci switch. Dengan menggunakan switch kita bisa melakukan percabangan dengan persyaratan yang beragam.
Bentuk statement switch,
switch( switch_expression ){
case case_selector1:
statement1; //
statement2; //block 1
. . . //
break;
case case_selector2:
statement1; //
statement2; //block 2
. . . //
break;
. . .
default:
statement1; //
statement2; //block n
. . . //
break;
}
dimana, switch_expression adalah persyaratan integer atau character dan case_selector1, case_selector2 dan seterusnya adalah konstanta nilai integer yang unique (unik).
Ketika statement switch ditemukan, pertama kali Java memeriksa switch_expression, dan meloncat ke case dan mencocokkan nilai yang sama dengan persyaratannya. Program mengeksekusi statement dari awal sampai menemui statement break, dan melewati statement yang lain sampai akhir struktur switch.
Jika tidak ditemui case yang cocok, maka program akan mengeksekusi blok default. Bisa anda catat bahwa blok default adalah optional. Sebuah statement switch bisa tidak memiliki blok default.
CATATAN:
• Tidak seperti statement if, pada struktur switch statement dieksekusi tanpa memerlukan tanda kurung kurawal ({}).
• Ketika sebuah case pada statement switch menemui kecocokan, semua statement pada case tersebut akan dieksekusi. Tidak hanya demikian, statement lain yang berada pada case yang cocok juga dieksekusi.
• Untuk menghindari program mengeksekusi statement pada case berikutnya, kita menggunakan statement break sebagai statement akhir.
Contoh statement switch
public class Grade
{
public static void main( String[] args )
{
int grade = 92;
switch(grade){
case 100:
System.out.println( "Excellent!" );
break;
case 90:
System.out.println("Good job!" );
break;
case 80:
System.out.println("Study harder!" );
break;
default:
System.out.println("Sorry, you failed.");
}
}
}
Powered by vBulletin® Version 4.2.0 Copyright © 2013 vBulletin Solutions, Inc. All rights reserved.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar