Rabu, 20 Februari 2013

Percobaan Sachs




qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnm

BIOLOGI

PERCOBAAN SACHS

                                            DISUSUN OLEH :

                                            ARIADI NAZARRUDIN
                                            BHAKTI PRIO SEJATI
                                            FATURACHMAN OKTAVIARDI
                                            ILHAM SAMARA
                                            IRVAN FATURRAHMAN
                                            MUHAMMAD HAFIDZ
                                            ROBIAN ABDI
                                             
                                                XII IPA 2





PERCOBAAN SACHS

Dasar Teori
·         Suatu ciri hidup yang hanya dimiliki oleh tumbuhan hijau adalah kemampuan dalam menggunakan karbon dioksida dari uadara untuk diubah menjdai bahan organic serta direspirasikan/dessimilasi bahan organic dalam tubuhnya sehingga zat organic itu bisa digunakan untuk aktivitas.
·         Oleh karena proses pengubahan itu memerlukan cahaya, maka asimilasi zat karbon disebut fotosintesis, dimana energy cahay akan diubah menjadi energy kimia dengan bantuan klorofil dan daun.
·         Fotosintesis berasal dari kata foton sama dengan cahaya, sintesis, penyusunan. Jadi, fotosintesis ialah proses pengubahan zat anorganik H2O dan CO2 oleh klorofil menjadi zat orgnaik (glucose/amilum/ karbohidrat) dengan bantuan cahaya matahari.
·         Karena bahan baku yang digunakan adalah zat karbon (karbon dioksida) maka peristowa ini disebut juga Asimilasi Carbon / Asimilasi C.
·         Karbohidrat yang dihasilkan diperlukan sebagai sumbuer energy utama bagi setaip organisme/dirinya maka tumbuhan bersifat Autotrof atau dalam rantai makanan sebagai produsen
·         Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energy untuk mendorong pertumbuhan dan menyusun dinding sel. Glikolipid dan glikoprotein pada membran sel.
·         Tumbuhan memproduksi karbohidrat lebih banyak dari pada kbutuhannya sehingga kelebihan hasil produksi disimpan dalm bentuk amilum atau pati.

MAKSUD DAN TUJUAN
·         Maksud
1.      Membuktikan bahwa dalam proses fotosintesis diperlukan cahaya matahari dan berlangsung pada bagian tumbuhan yang berklorofil.
2.      Membuktikan bahwa dalam proses fotosintesis dihasilkan karbohidrat (amillum).
·         Tujuan
1.      Untuk mengetahui peran cahaya dan hasil fotosintesis.
2.      Untuk mengetahui bahwa hasil fotosintesis adalah glukosa berupa bahan organic yang disimpan dalam bentuk amilum.
ALAT DAN BAHAN
·         Alat
1.      Penangas air                                                   
2.      Gelas becker
3.      Kaki tiga dan Bunsen
·         Bahan
1.      Daun
2.      Kertas timah
3.      Alcohol 70%
4.      Iodium/lugol
5.      Air

LANGKAH KERJA/ PROSEDUR PENELITIAN
1.      Tutuplah sebagian daun-daun pada suatu tanaman daun dengan kertas alumunium, dan yang lain dibiarkan terbuka. Percobaan dimulai sebelum matahari terbit.
2.      Letakkan tanaman di tempat yang mendapat cukup cahaya matahari.
3.      Setelah 3 – 4 jam, petiklah daun-daun tersebut.
4.      Buka kertas alumunium yang ada pada daun.
5.      Masukkan daun-daun tersebut ke dalam air dan direbus.
6.      Ambil dan cucilah daun-daun itu dengan air.
7.      Masukkan ke dalam alcohol (supaya klorofilnya larut).
8.      Tetesi daun-daun tersebut dengan iodium atau lugol.
9.      Amati perubahan yang terjadi.




PERTANYAAN
1.      Tuliskan reaksi kimia fotosintesis!
2.      Mengapa pada percobaan ini daun harus ditutup dengan alumunium poil? Pada percobaan ini daun harus ditutup dengan menggunakan alumunium poil agar ketika proses
3.      Jelaskan mengapa daun dimasukkan ke dalam air panas?
4.      Apa manfaat percobaan ini dilakukan?
5.      Mengapa daun yang ditutupi kelihatan putih setelah ditetesi iodium?
6.      Mengapa daun yang tidak ditutupi berwana hitam saat ditetesi iodoium?
JAWAB
                                Cahaya
1.      6CO2 + 6H2O                    C6H12O6 + 6O2
                          Klorofil

2.      Pada percobaan ini daun ditutup dengan menggunakan alumunium poil agar ketika proses fotosintesis terjadi pada tumbuhan, maka bagian yang tertutupi alumunium poil tersebut tidak akan mengalami proses fotosintesis karena cahaya matahari tidak dapat menembus melewati alumunium poil, sehingga ketika percobaan dilakukan akan tampak perbedaan antara bagian daun yan mengalami proses fotosintesis dan bagian daun yang tidak mengalami proses fotosintesis (yang tertutup oleh alumunium poil), dan ketika ditetesi iodium/lugol maka akan tampak perbedaan warna antara keduanya dan dari hal itu dapat dibuktikan bahwa dalam proses fotosintesis, dihasilkan amilum.
3.      Itu dikarenakan untuk menonaktifkan dan alcohol panas melarutkan zat klorofil yang terkandung dalam daun.
4.      Manfaat dari percobaan ini adalah dapat membuktikan bahwa proses fotosintesis pada tumbuhan hijau benar-benar menghasilkan amilum (karbohidrat) sesuai dengan percobaan yang pertama kali dilakukan oleh Sachs tahun 1980.
5.      Daun yang ditutupi akan berwarna putih setelah ditetesi iodium karena pada bagian yang ditutupi sudah tidak terdapat klorofil dan sebelum percobaan, daun yang ditutupi tidak mengalami fotosinesis.
6.      Daun yang tidak ditutupi akan berwarna hitam ketika ditetesi iodium karena daun yang tidak ditutupi masih mengandung klorofil dan amilum (karbohidrat) sebagai hasil dari peristiwa fotosintesis yang terjadi sebelum percobaan dilakukan.

KESIMPULAN
Pada percobaan yang telah dilakukan, benar-benar terbukti bahwa dalam peristiwa fotosintesis dihasilkan amilum (karbohidrat) sebagaimana percobaan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh Sachs pada tahun 1980.
·         Hal ini terbukti melalui terjadinya perubahan warna pada daun yang telah direbus dalam air panas setelah ditetesi iodium.
·         Bagian daun yang tidak ditutupi berubah warna menjadi hitam setelah ditetesi iodium dan hal ini membuktikan bahwa pada bagian daun itu terdapat amilum sebagai hasil dari peristiwa fotosintesis yang terjadi sebelum percobaan dilakukan,
·         Sebaliknya pada daun yang ditutupi akan berwarna putih setelah ditetesi iodium dan hal ini mebuktikan bahwa pada bagian daun itu tidak terdapat amilum (karbohidrat).
·         Tidak adanya amilum tersebut karena ketika tidak mendapat sinar matahari yang cukup dan tidak dapat memperoleh karbondioksida dari udara karena bagian daun tersebut tertutup rapat oleh kertCVas timah, dan klorofil di bagian tersebut tidak teraktivasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar